Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perdagangan melalui Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Santiago mempromosikan produk Indonesia berupa sepeda dan minuman berenergi di wilayah Amerika Latin, khususnya Chile.

ITPC Santiago memperkenalkan produk sepeda Polygon dan minuman berenergi ExtraJoss dalam kegiatan olahraga berskala internasional, 26th International Triathlon Viña del Mar 2023 yang diselenggarakan di Viña del Mar, Chile, Minggu (12/2).

"Partisipasi ITPC Santiago dalam kegiatan olahraga triatlon ini merupakan sebuah terobosan dalam memperkenalkan Indonesia dan produk olahraga sepeda Polygon serta minuman energi ExtraJoss kepada para olahragawan dan masyarakat Chile," ujar Kepala ITPC Santiago Indah Fajarwati Bachter dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Indah mengatakan, berdasarkan data Kementerian Perdagangan, nilai ekspor sepeda Polygon ke Chile telah mencapai 1,31 juta dolar AS sejak pertama kali diekspor pada 2021.

Sementara untuk produk ExtraJoss, telah berhasil masuk pasar Chile sejak awal 2022 dengan penjualan yang terus meningkat. Prospek yang sangat baik ini menjadi peluang peningkatan ekspor produk olahraga Indonesia ke Chile, terlebih karena gaya hidup masyarakat Chile yang gemar berolahraga.

"ITPC Santiago akan terus mendorong masuknya produk Indonesia serta mempromosikan produk tersebut di pasar Chile agar produk Indonesia semakin dikenal dan menjadi pilihan utama masyarakat Chile. Kami yakin produk Indonesia dapat bersaing di pasar Amerika Latin," katanya.

International Triatlon Viña del Mar merupakan ajang olahraga tahunan yang telah diselenggarakan sejak 1995. Pada 2023, tercatat lebih dari 250 atlet mengikuti kegiatan olahraga ini yang berasal dari Chile, Argentina, Brasil dan Spanyol. Dalam kegiatan triatlon ini terdapat enam kategori, di antaranya kategori olimpiade yang terdiri dari renang, sepeda, dan lari.

Baca juga: Gesits jajaki Australia dan Filipina untuk perluas pasar ekspor
Baca juga: WIMA ekspor sepeda motor listrik Gesits ke Nepal
Baca juga: Menperin lepas ekspor sepeda ke Malaysia
Baca juga: KBRI Stockholm dorong peningkatan ekspor sepeda ke Swedia

 

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023