Bencana angin langkisau yang terjadi di Desa Serigeni Baru, Kecamatan Kayu Agung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) pada Jumat (10/2), bencana di desa itu mengakibatkan puluhan rumah warga rusak ringan hingga berat
Palembang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan mengimbau masyarakat di 17 kabupaten dan kota dalam provinsi setempat mewaspadai bencana angin langkisau pada musim pancaroba atau peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

"Bencana angin langkisau atau puting beliung yang terjadi di sejumlah daerah beberapa pekan terakhir seperti di Desa Serigeni Baru, Kecamatan Kayu Agung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) pada Jumat (10/2), bencana di desa itu mengakibatkan puluhan rumah warga rusak ringan hingga berat," kata Kepala BPBD Sumsel, Iriansyah di Palembang, Kamis.

Menurut dia, bencana angin langkisau perlu diwaspadai karena masih berpotensi terjadi baik di daerah tersebut maupun daerah lain selama musim pancaroba.

Potensi hujan lebat disertai angin kencang pada siang hingga malam hari kemungkinan masih terjadi di wilayah Sumsel.

"Melihat kondisi tersebut, masyarakat di provinsi ini pada musim peralihan atau pancaroba ini agar mewaspadai kemungkinan terjadinya bencana angin langkisau yang dapat merusak atap rumah, merobohkan pohon, papan reklame, dan benda lainnya," ujarnya.

Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan diperlukan kewaspadaan yang tinggi dengan menghindari berada di sekitar benda-benda atau pohon yang diperkirakan mudah roboh.

Dengan kewaspadaan yang tinggi, ketika terjadi angin kencang disertai turunnya hujan bisa meminimalkan kerugian masyarakat dan dicegah timbulnya korban jiwa.

Selain angin langkisau, pada musim pancaroba dari musim hujan ke kemarau masyarakat juga diimbau untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya kekeringan dan kebakaran hutan/lahan (karhutla), demikian Iriansyah.

Baca juga: 14 rumah dan satu SPBU di Kabupaten Semarang rusak akibat langkisau

Baca juga: BPBD Sumsel mengimbau masyarakat mewaspadai angin Langkisau

Baca juga: Masyarakat Sumatera waspada terhadap angin puting beliung

Baca juga: Kota Palembang dilanda angin langkisau

Baca juga: Puluhan rumah rusak akibat angin langkisau

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023