Semarang (ANTARA) - CEO PSIS Semarang AS Sukawijaya atau yang akrab disapa Yoyok Sukawi berharap Menteri BUMN Erick Thohir yang terpilih menjadi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia periode 2023-2027 dapat membawa perubahan dan transformasi positif sepak bola di Tanah Air.

“Sebagai anggota PSSI kami memiliki harapan besar untuk Pak Erick Tohir supaya bisa memperbaiki sepak bola Indonesia, utamanya kompetisi yang lebih profesional, terstruktur dan pada akhirnya melahirkan pemain-pemain untuk Timnas," katanya melalui keterangan pers tertulis yang diterima ANTARA di Semarang, Kamis.

Pria yang juga akan purnatugas dari jabatan Executive Committee PSSI ini juga berharap setelah terpilihnya Erick Tohir akan berdampak positif ke kompetisi seperti masalah perizinan.

"Akhir-akhir ini banyak laga tunda, laga tidak dapat izin. Kami juga berharap setelah Pak Erick jadi Ketum PSSI tidak ada lagi kesulitan klub menggelar pertandingan di Indonesia, terutama di kota klub tersebut bermain,” ujarnya.

Dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri La Jakarta pada hari ini, Erick Thohir resmi menjadi Ketua Umum PSSI terpilih periode 2023-2027.

Erick Thohir menjadi Ketua PSSI setelah mendapatkan 64 suara, mengalahkan kandidat lainnya yaitu La Nyalla Mattalitti yang hanya mendapatkan 22 suara.

Erick Thohir pernah berkecimpung di sepak bola Indonesia sebagai Wakil Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) pada tahun 2009-2019.

Erick Thohir juga tercatat pernah menjadi Direktur Keuangan Persija Jakarta pada era 2000-an dan saat ini juga merupakan pemilik saham Persis Solo sejak 2021.

Baca juga: Erick Thohir: Sepak bola bersih baru bicara prestasi
Baca juga: Menpora Zainudin Amali-Yunus Nusi Wakil Ketua Umum PSSI 2023-2027


Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023