Karanganyar (ANTARA) - Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar, Bagoes Darmadi, menyebutkan, sejak kejadian bencana tanah longsor yang menutup akses jalan di Desa Gondosuli Kecamatan Tawangmangu, pada Selasa (14/2) hingga Kamis ini, masih ditutup untuk kendaraan.

"Akses jalan baik dari Tawangmangu Karanganyar (Jawa Tengah) ke Magetan (Jawa Timur) maupun sebaliknya masih ditutup, karena evakuasi material longsoran masih terkendala cuaca hujan sehingga belum dapat dilalui kendaraan," kata Bagoes, di Karanganyar, Kamis.

Kegiatan mengevakuasi material longsoran baik tanah maupun batu-batu sudah dilakukan sejak pukul 09.00 WIB dengan alat berat dan diangkut dengan truk.

Namun, evakuasi material longsoran yang dilakukan secara hati-hati tersebut harus dihentikan lagi sekitar pukul 15.00 WIB, karena di lokasi terjadi hujan sehingga tidak memungkinkan untuk dilanjutkan.

"Kami untuk personil menggunakan alat berat jadi hanya operator dan truk pengangkut material untuk mengurangi risiko apabila ada longsor susulan," katanya.

Baca juga: BPBD: Evakuasi longsoran di Karanganyar dihentikan karena cuaca
Baca juga: Tanah Longsor di Tawangmangu Karanganyar tutup akses jalan


Menurut dia, informasi dari operator alat berat atau louder kemungkinan evakuasi material tidak bisa selesai Kamis ini, karena longsoran yang tebal dan banyak batu-batu besar menutup akses jalan itu.

Bahkan, petugas kegiatan evakuasi material longsoran dilakukan sangat hati-hati karena sewaktu waktu kalau turun hujan dan angin kencang bisa menyebabkan tanah longsor susulan serta bisa membahayakan petugas di lapangan.

"Kegiatan evakuasi material longsoran yang dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga Pukul 15.00 WIB harus dihentikan karena turun hujan deras dan akan dilanjutkan, pada Jumat (17/2) pagi, jika dengan didukung kondisi cuaca baik," katanya.

Sementara itu, bencana tanah longsor yang terjadi di jalur Tawangmangu-Magetan tepatnya di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, hingga Selasa (14/2) malam, jalur masih ditutup sehingga tidak bisa dilalui kendaraan.

Menurut Kepala Polres Karanganyar AKBP Jerrold Hendra Kumontoy, kejadian tanah longsor di Desa Gondosuli, Tawangmangu terjadi sekitar pukul 11.30 WIB, dan menyebabkan material dan batu-batu besar menutup jalan, sehingga tidak dapat dilalui kendaraan. Kejadian itu, tidak sampai ada korban jiwa. 

Baca juga: Polres Magetan periksa jalur rawan pada liburan Natal-Tahun Baru

Baca juga: Pemodal tambang emas ilegal ditangkap, longsor Tawangmangu kemarin


 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023