Pada September akan dilakukan Second International Stakeholders Meeting
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan Indonesia akan menggelar Second International Stakeholders Meeting pada September 2023 sebagai bagian dari rangkaian World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali pada tahun depan.

"Pada September akan dilakukan Second International Stakeholders Meeting," ujar Basuki dalam penutupan Kick Off Meeting World Water Forum ke-10 di Jakarta, Kamis.

Dia menambahkan dari Kick Off Meeting World Water Forum ke-10 yang digelar selama dua hari tersebut, menghasilkan enam topik yang akan dibahas dalam pertemuan pada tahun depan di Bali.

"Kick Off Meeting World Water Forum ke-10 ini menghasilkan enam topik yang dibahas dan didetailkan untuk apa saja yang akan dibahas dalam World Water Forum ke-10 di Bali pada tahun depan," katanya.

Ada enam topik yang dibahas secara paralel dalam proses tematik Kick-Off Meeting ini. Pertama adalah topik Water for Humans and Nature yang membahas soal pengelolaan air dan relasinya dengan manusia dan alam.

Selain itu, ada pula topik Water Security and Prosperity, kemudian topik ketiga Disaster Risk Reduction and Management yang mendiskusikan soal pengelolaan air dan upaya penanganan bencana.

Diskusi soal kerja sama juga dibicarakan lewat topik Cooperation and Hydro Diplomacy.
Sedangkan bahasan tentang pengelolaan air dari segi finansial didiskusikan lewat topik kelima yakni Water and Innovative Finance. Dan topik terakhir yakni Knowledge and Technology.

Selain proses tematik, berjalan juga proses regional yang membahas soal agenda dari berbagai negara dan hasil yang diharapkan. Proses regional ini terbagi ke dalam dua kelompok yakni negara-negara dari Asia Pasifik dan yang berasal dari Mediterania.

Lewat pelaksanaan Kick-Off Meeting yang berlangsung pada 15-16 Februari 2023, Indonesia semakin memperlihatkan kesiapannya sebagai tuan rumah World Water Forum (WWF) ke-10 di Tahun 2024 mendatang. Bali, akan menjadi lokasi penyelenggaraan forum air dunia tersebut.

Pemerintah menargetkan kehadiran 17.000 peserta dan 30.000 pengunjung dari 172 negara.

Baca juga: Menteri PUPR: Senegal dukung World Water Forum ke-10 di Bali

Baca juga: Menteri PUPR: Hasil World Water Forum jadi referensi global

Baca juga: Menteri PUPR sebut RI siap gelar Pembukaan Pertemuan Forum Air Dunia

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023