Dia (Senegal) sangat mendukung dan mengapresiasi juga World Water Forum ke-10 ini ada kelanjutan dari World Water Forum sebelumnya
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Basuki Hadimuljono mengungkapkan Senegal mendukung dan mengapresiasi World Water Forum ke-10 yang akan diselenggarakan di Bali pada 2024.

"Dia (Senegal) mengungkapkan terima kasih karena sebelumnya Senegal menjadi tuan rumah untuk World Water Forum ke-9. Dia melihat World Water Forum ke-10 ini bisa dikatakan sebagai kelanjutan dari World Water Forum ke-9," ujar Basuki usai melakukan pertemuan bilateral dengan Minister of Water and Sanitation of Senegal Serigne Mbaye Thiam di sela-sela kick off meeting World Water Forum ke-10, Jakarta, Kamis.

Ketika World Water Forum ke-9 di Senegal, tema yang diusung adalah "Water Security for Development and Peace". Sedangkan untuk World Water Forum ke-10 temanya "Water for Shared Prosperity".

Agar terwujud shared prosperity tentunya harus ada terlebih dahulu ketahanan air atau water security.

"Dia (Senegal) sangat mendukung dan mengapresiasi juga World Water Forum ke-10 ini ada kelanjutan dari World Water Forum sebelumnya," kata Basuki.

Senegal juga, lanjutnya, akan ikut dan menangani salah satu sesi di World Water Forum ke-10 ini.

Sebelumnya, Presiden World Water Council (WWC) Loïc Fauchon mengajak seluruh negara yang akan hadir dalam forum World Water Forum ke-10 di Bali, Indonesia pada 2024 untuk menjadikannya sebagai momentum peningkatan kerja sama untuk pengelolaan air secara global.

Pemerintah Indonesia sebagai tuan rumah World Water Forum ke-10 pada 2024 terus mengadakan sejumlah acara sebagai rangkaian persiapan menuju acara puncak. Setelah penyelenggaraan National Stakeholders Forum (NSF) sebagai 3rd Announcement, Pemerintah Indonesia melanjutkan persiapan Kick Off Meeting pada 15-16 Februari 2023.
​​
Kick-off meeting World Water Forum ke-10 menjadi pertemuan pertama bagi para pemangku kepentingan di pengelolaan Sumber Daya Air (SDA).

World Water Forum merupakan forum lintas batas terbesar di dunia yang fokus dalam pembahasan isu-isu air dan mencari solusi global sebagai jawaban atas isu-isu tersebut . World Water Forum ke-10 yang akan dilaksanakan pada 18-24 Mei 2024 nanti mengusung tema “Water for Shared Prosperity”.

Dengan membawa harapan bahwa World Water Forum menjadi ajang berbagai stakeholder dari berbagai negara untuk berbagi pengalaman dan inovasi merespon berbagai tantangan pengelolaan air secara global.

Pemerintah menargetkan kehadiran kepala negara, menteri, 10.000 delegasi dan 30.000 peserta (termasuk partisipan, pengunjung pameran tentang air dan UMKM) dari 172 negara yang terdiri dari unsur-unsur Pemerintah, parlemen, swasta, akademisi, praktisi, asosiasi, dan masyarakat pada lingkup nasional dan internasional.

Baca juga: Presiden Forum Air Dunia puji Indonesia "juara" pembangunan bendungan

Baca juga: Menteri PUPR: Hasil World Water Forum jadi referensi global

Baca juga: World Water Forum 2024 momentum tingkatkan kerja sama pengelolaan air

Baca juga: Luhut: Indonesia fokus usung kerja sama konkret di WWF ke-10 2024

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023