Dengan pertumbuhan populasi dan ekspansi kota yang memakan pinggir kota dan lahan pertanian, air menjadi semakin langka
Jakarta (ANTARA) - Presiden Dewan Air Dunia (World Water Council) Loic Fauchon mengatakan Forum Air Dunia ke-10 atau 10th World Water Forum diharapkan menjadi momentum untuk meningkatkan kerja sama pengelolaan air secara global.

Dalam pembukaan 10th World Water Forum Kick Off Meeting di Jakarta, Rabu, Loic menegaskan bahwa air punya peranan besar dalam segala aspek kehidupan.

"Dengan pertumbuhan populasi dan ekspansi kota yang memakan pinggir kota dan lahan pertanian, air menjadi semakin langka. Di samping itu, pertumbuhan populasi dunia dan perubahan iklim, perubahan suhu, hingga peningkatan permukaan laut telah berdampak pada ketersediaan air," katanya.

Loic mengatakan air merupakan salah satu elemen alam yang tidak bisa direproduksi. Hal itu berbeda dengan udara atau tanah yang bisa dihasilkan kembali sehingga sangat penting untuk menjaga ketersediaannya.

"Oleh karena itu, kami telah memutuskan untuk mengangkat tema 'Water for Shared Prosperity' (Air untuk kesejahteraan bersama) untuk mencapai kelimpahan, kedamaian dan ketenangan dengan berbagi," imbuhnya.​​​​​​​

Loic menegaskan ketersediaan air penting untuk menjaga ketahanan pangan, kesehatan, pendidikan, keanekaragaman hayati dan ekosistem bumi dan laut serta untuk mencegah dan mengurangi dampak bencana.

"Mari bekerja bersama untuk menjaga air demi kesejahteraan bersama," katanya.

Indonesia terpilih menjadi tuan rumah 10th World Water Forum atau Forum Air Dunia ke-10 berkat perolehan voting 30 negara dari 36 negara yang masuk dalam Board of Governors World Water Council.

Forum Air Dunia merupakan forum lintas batas terbesar di dunia yang fokus dalam pembahasan isu-isu air dan mencari solusi global sebagai jawaban atas isu-isu tersebut.​​​​​​​

World Water Forum ke-10 menyediakan wadah penting bagi semua pemangku kepentingan di sektor air dalam skala global, yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Hal ini merupakan tonggak besar kontribusi Indonesia terhadap upaya masyarakat global dalam mengelola sumber daya air secara berkelanjutan.​​​​​​​

Kick off meeting atau persiapan pembukaan Forum Air Dunia digelar pada 15-16 Februari 2023 di Jakarta sedangkan puncak acara akan digelar di Bali, yang diselenggarakan 18-24 Mei 2024.

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023