Natuna (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai, Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengadakan program Safari Kesehatan untuk pelajar remaja yang akan menjadi calon prajurit TNI AL di bawah binaan Pos Angkatan Laut (Posal) Sabang Mawang, Pulau Tiga, Natuna, Kamis.

"Kegiatan ini disejalankan menyambut HUT Ke-26 Lanal Ranai pada tanggal 21 Februari 2023," kata Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Arif Prasetyo I di Natuna.

Ia menjelaskan bahwa Lanal Ranai menggelar Safari Kesehatan bagi remaja di daerah itu bertujuan untuk mempersiapkaan pelajar binaan Posal di bawah jajaran Lanal Ranai untuk mengikuti seleksi masuk menjadi prajurit TNI Angkatan Laut yang sehat dan andal sejak dini.

Kegiatan Safari Kesehatan tersebut melibatkan tim Urikkes Diskes Lantamal IV Batam dan Balai Kesehatan Lanal Ranai dengan sasaran pemeriksaan kesehatan secara komprehensif.

Hal itu, kata dia, dilakukan karena merupakan syarat agar sesuai dengan kriteria yang ditentukan bagi para calon yang akan ikut seleksi menjadi prajurit TNI Angkatan Laut.

Selain itu, untuk pengecekan kesehatan awal yang bertujuan membantu para pemuda Natuna agar mengetahui kondisi kesehatan mereka secara keseluruhan.

"Untuk mendaftarkan diri atau masuk sebagai prajurit TNI AL, apabila ada kekurangan, bisa diperbaiki secara dini dan hasilnya bisa maksimal sehingga bisa lulus tes kesehatan," ujarnya.

Menurut dia, selama ini calon prajurit dari Natuna banyak sekali kelemahan atau kekurangan pada status kesehatan yang menyebabkan tidak bisa lolos dalam seleksi masuk TNI AL di Panda Lantamal IV Batam.

Oleh karena itu, kata Danlanal, tim Urikkes Diskes Lantamal IV Batam dan Balai Kesehatan Lanal Ranai melaksanakan Safari Kesehatan bagi calon yang akan mendaftarkan diri masuk menjadi Prajurit TNI AL.

Baca juga: Natuna kekurangan dokter gigi
Baca juga: DLH: Kerusakan terumbu karang sebabkan abrasi di pesisir Natuna

Pewarta: Cherman
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023