..pemilihan Indonesia sebagai ketua ASEAN karena Indonesia dianggap mampu membimbing komunitas ASEAN..
Tokyo (ANTARA) - Jepang mendorong Indonesia untuk menjalin kerja sama yang lebih erat dengan negara mitra terkait guna mengatasi isu-isu yang dihadapi di ASEAN.

"Untuk memecahkan suatu masalah sangat penting perlu dijalin kerja sama lebih erat dengan negara mitra bersangkutan," kata Wakil Direktur Divisi Kedua Asia Tenggara Departemen Urusan Asia Tenggara dan Barat Daya Kementerian Luar Negeri Jepang Kaneko Kazuya, di Tokyo, Kamis.

Pernyataan itu ia sampaikan menanggapi pertanyaan mengenai pandangan Jepang terhadap keketuaan Indonesia di Perhimpunan Bangsa-Bangsa di Asia Tenggara (ASEAN) pada 2023.

Kaneko mengatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dominan dan terbesar di antara negara-negara anggota ASEAN.

Terkait keketuaan Indonesia di ASEAN, ia menilai bahwa pemilihan Indonesia sebagai ketua ASEAN karena Indonesia dianggap mampu membimbing komunitas ASEAN dalam menangani isu-isu yang dihadapi di kawasan tersebut.

"Tentang seleksi negara-negara anggota ASEAN mana yang layak terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan KTT, itu selalu dipengaruhi oleh kondisi atau masalah lokal atau masalah yang sedang dihadapi ASEAN," katanya.
Baca juga: Jepang bertekad perkuat kerja sama dengan ASEAN

Kaneko mencontohkan salah satu masalah yang sedang dihadapi negara-negara anggota ASEAN, yaitu masalah Myanmar yang situasinya dianggap semakin rawan.

Masalah tersebut dianggap sebagai masalah yang sangat serius karena respons negara-negara anggota ASEAN terhadap isu tersebut tidak seragam.

"Saya kira Indonesia mampu membimbing komunitas ASEAN (dalam isu tersebut)," katanya.

Dengan demikian, lanjutnya, untuk dapat memecahkan masalah yang terjadi di kawasan, Indonesia dianggap perlu untuk menjalin kerja sama lebih erat dengan negara-negara anggota ASEAN lainnya dan negara mitra yang bersangkutan guna menemukan solusi bersama-sama.
Baca juga: AMRO: Ekonomi ASEAN+3 diproyeksi menguat, tumbuh 4,3 persen tahun ini

Seperti halnya Indonesia yang menjadi tuan rumah KTT ASEAN, Jepang juga menjadi tuan rumah penyelenggaraan KTT G7, tujuh negara dengan perekonomian maju.

Kaneko menilai bahwa baik Indonesia maupun Jepang sama-sama mampu membimbing komunitas tertentu di tingkat internasional.

"Indonesia dan Jepang telah diberi kesempatan yang sangat baik, antara lain terpilihnya (kedua negara) sebagai tuan rumah penyelenggaraan KTT," katanya.

"Dengan demikian, Indonesia maupun Jepang dianggap sebagai salah satu negara yang mampu memimpin masyarakat internasional," kata Kaneko lebih lanjut.

Baca juga: Jepang dorong tiga pilar dukung pengurusutamaan AOIP

Pewarta: Katriana
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023