Berbagai dinamika itu kemudian memberikan pembelajaran dan pendewasaan diri bagi seorang Erick Thohir. Tujuannya tentu melalui kisah perjuangan beliau, ada hal yang bisa menginspirasi
Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin (Unhas) kerja sama Kompas Penerbit Buku menyelenggarakan bedah buku biografi perjalanan hidup Menteri BUMN Erick Thohir berjudul “(Bukan) Kisah Sukses Erick Thohir” karya Abdullah Sammy yang merupakan seorang jurnalis Republika.

"Kami mengapresiasi penuh terselenggaranya ruang informasi dan diskusi bagi sivitas akademika Unhas untuk membedah biografi Menteri BUMN ini," kata Direktur Kemahasiswaan Abdullah Sanusi di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan bedah buku tentang kisah Erick Thohir diharapkan memberikan motivasi dan semangat kepada mahasiswa Unhas untuk terus berkarya dan berani mengeksplorasi kemampuan dan bakat yang dimiliki.

Pada kesempatan itu hadir sebagai narasumber yakni Abdullah Sammy (Penulis Buku), Fritz E Simandjuntak (Pemerhati Olahraga), Arief Rosyid Hasan (tokoh muda), dan Dr Mursalim Nohong (Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FEB Unhas).

“Kisah yang tertuang dalam buku karya Abdullah Sammy ini sangat memberikan inspirasi dan motivasi kepada para mahasiswa Unhas," kata Abdullah.

Baca juga: Pengamat: Erick Thohir sosok yang siap menerima berbagai tantangan

Dia mengatakan Unhas selalu terbuka untuk membuka ruang dialog dan diskusi seperti ini dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan baru.

Pada sesi bedah buku tersebut Penulis Abdullah Sammy mengatakan buku ini memberikan gambaran pengalaman hidup Erick Thohir yang penuh dinamika sebagai penanda betapa banyaknya pelajaran yang telah Erick Thohir peroleh selama hidupnya.

"Berbagai dinamika itu kemudian memberikan pembelajaran dan pendewasaan diri bagi seorang Erick Thohir. Tujuannya tentu melalui kisah perjuangan beliau, ada hal yang bisa menginspirasi," ujarnya.

Judul buku yang diawali kata "Bukan" dalam kurung tersebut bermakna bahwa sebelum berada diposisi saat ini, Erick Thohir ternyata banyak melewati dinamika kehidupan yang menjadi pondasi kuatnya hingga saat ini.

Lebih lanjut Sammy mengatakan proses penyusunan buku telah dimulai pada 2020 diawali dengan melakukan wawancara mendalam bersama narasumber utama.

Dirinya mengatakan proses pengumpulan data dan informasi memang tidak mudah, mengingat jadwal Erick Thohir yang padat. Namun berkat dukungan dan kolaborasi yang baik, akhirnya buku ini dapat diterbitkan Pada 10 November 2022.

Baca juga: Erick Thohir tekankan pentingnya kolaborasi dalam buku biografinya
Baca juga: Erick Thohir luncurkan buku biografi "(Bukan) Kisah Sukses Erick Thohir"
 
 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023