Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir meluncurkan buku biografi berjudul "(Bukan) Kisah Sukses Erick Thohir" terbitan Gramedia yang menggambarkan perjalanan kehidupan dan kariernya hingga saat ini.

Penulis buku biografi Erick Thohir, Abdullah Sammy, dalam peluncuran buku yang digelar pada acara Indonesia International Book Fair 2022 di JCC Senayan Jakarta, mengatakan buku biografi tersebut merupakan hasil pengamatan penulis yang kerap membersamai Erick Thohir sejak 2009 hingga saat ini saat pertama menjadi wartawan olahraga di Harian Republika.

"Buku ini membuka siapa  Erick Thohir.
Sosok pekerja keras, inovatif, tidak pernah cepat puas, yang itu semua membuat kariernya progresif," kata Sammy.

Sammy menjelaskan dalam buku biografi karyanya, menggambarkan penggalan-penggalan kisah perjalanan Erick Thohir sejak masa sekolah, sebagai seorang pengusaha, pimpinan media, penggemar olahraga, hingga menjadi pejabat publik sebagai Menteri BUMN saat ini.

Atlet bulu tangkis putri peraih medali emas Olimpiade 2020 Greysia Polii juga mengisahkan keterlibatan Erick Thohir yang pernah menjabat Ketua Komite Olimpiade Indonesia dalam mendampingi para atlet.

Baca juga: Erick Thohir Cek Langsung Kesiapan PLN Layani KTT G20

Greysia yang menjadi bagian dari buku biografi Erick Thohir menyebutkan bahwa Menteri BUMN tersebut merupakan sosok yang memintanya untuk terus menjadi atlet saat dirinya memutuskan ingin pensiun pada 2012 dan 2016.

"Pak Erick tahu menjadi atlet tidak instan, untuk menjadi juara itu tidak instan. Dari 2012 Pak Erick kenal kami selama 10 tahun, dilewati dengan gagal dulu, tapi terus mendorong dengan kepercayaan," kata Greysia.

Ekonom Drajad Wibowo menyebutkan bahwa sosok Erick Thohir sebagai seorang pekerja keras yang melakukan pekerjaannya hingga selesai, sekaligus inovatif dan berani mengambil risiko.

"Pak Erick Thohir ini tipe bussinesman, pemimpin do-ers, get things done, man of action. Ketika ditugasi sesuatu, itu ukurannya jalan apa tidak," kata dia.

Peluncuran buku biografi Erick Thohir ini turut dihadiri oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri PAN-RB Azwar Anas, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, sejumlah anggota Komisi VI DPR RI, jajaran direktur utama perusahaan BUMN, hingga sahabat sekolah.

Baca juga: Erick Thohir apresiasi kolaborasi PT Pos bersama Microsoft Indonesia

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022