Jakarta (ANTARA) - Gol Sebastian Coates menghindarkan Sporting Lisbon dari kekalahan dan mengamankan hasil imbang 1-1 saat menjamu Midtjylland pada pertandingan leg pertama putaran playoff Liga Europa yang dimainkan di Estadio Jose Alvalade, Lisbon, Jumat dini hari WIB

Kedua tim akan kembali bertemu untuk memainkan leg kedua pada Jumat (24/2) depan di markas Midtjylland, demikian catatan laman resmi UEFA.

Klub Denmark Midtjylland berusaha mendobrak sejak awal. Pemain sayap Midtjylland Gustav Isaaksen bergerak menusuk dan mengirim umpan ke mulut gawang Sporting. Namun tidak ada seorang pun rekan setimnya yang mampu menyambarnya.

Sporting kemudian lebih banyak mendominasi penguasaan bola. Meski demikian mereka masih kesulitan menciptakan ancaman nyata ke gawang Midtjylland.

Isaaksen beberapa kali mengancam Sporting melalui pergerakannya di sektor sayap kanan. Sayangnya operan-operan akhir yang dikirimkannya masih belum menimbulkan bahaya nyata bagi tuan rumah.

Menjelang babak pertama usai, penyerang Sporting Marcus Edwards mengirimkan bola dari sisi kanan. Tetapi Arthur Gomes tidak mampu mengeksekusi umpan tersebut dengan sempurna dan hanya menghasilkan sepakan melebar. Babak pertama ditutup dengan skor kacamata.

Baca juga: Sevilla menang 3-0 atas PSV untuk ringankan langkah ke leg kedua

Pada awal babak kedua, gawang Midtjylland kebobolan. Arthur Gomes melepaskan tembakan yang masuk ke gawang setelah tembakan Paulinho dapat digagalkan, namun sang pemain terlebih dahulu berada dalam posisi offside.

Midtjylland kemudian lebih banyak bermain bertahan. Mereka lebih banyak mengandalkan umpan silang untuk berusaha menciptakan peluang. Pemain pengganti Emam Mashour kemudian melepaskan tembakan mendatar dari dalam kotak penalti yang masih dapat ditahan kiper Antonio Adan.

Ashour berhasil memecahkan kebuntuan pada menit ke-77. Pemain Mesir itu memaksimalkan sapuan yang tidak sempurna dari Adan, untuk melepaskan tembakan mendatar jarak jauh,membawa Midtjylland memimpin 1-0.

Namun kapten Sporting Coates mampu menyelamatkan wajah tuan rumah melalui golnya pada menit ke-94 ketika tandukan Coates dapat ditahan kiper Jonas Lossl, tetapi ia mampu bergerak cepat untuk menyambar bola pantul.

Daftar susunan pemain:

Sporting Lisbon: Antonio Adan, Jeremiah St. Juste, Sebastian Coates, Matheus Reis (Goncalo Inacio 79'), Ricardo Esgaio (Hector Bellerin 65'), Manuel Ugarte (Mateo Tanlongo 87'), Pedro Goncalves, Nuno Santos, Marcus Edwards, Arthur Gomes (Francisco Trincao 65'), Paulinho (Youssef Chermiti 79')

Midtjylland: Jonas Lossl, Joel Anderson, Henrik Dalsgaard, Paulinho (Victor Bak Jensen 67'), Armin Gigovic, Emiliano Martinez (Emam Ashour 67'), Kristoffer Olsson, Valdemar Byskov Andreasen (Edward Chilufya 46'), Frederik Heiselberg (Oliver Sorensen 59'), Gustav Isaaksen (Aral Simsir 86')

Baca juga: Ajax Amsterdam ditahan imbang tanpa gol lawan Union Berlin
Baca juga: Laga sengit Barcelona vs Manchester United berakhir imbang 2-2

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023