London (ANTARA) - Dewan Stabilitas Keuangan (FSB) G20 mengatakan pada Kamis (16/2/2023) bahwa pihaknya akan mengambil langkah-langkah untuk mengatasi "kerentanan" dan kesenjangan data dalam keuangan terdesentralisasi (DeFi-decentralised finance) yang disorot oleh runtuhnya bursa uang kripto FTX tahun lalu.

Segmen DeFi yang berkembang pesat dan tidak diatur menawarkan perdagangan, peminjaman, dan peminjaman dalam aset mata uang kripto dengan menggunakan blockchain publik untuk mencatat transaksi, tanpa kendali pusat.

"Fakta bahwa aset kripto yang menopang sebagian besar DeFi tidak memiliki nilai inheren dan sangat fluktuatif memperbesar dampak kerentanan ini ketika terwujud, seperti yang ditunjukkan oleh insiden baru-baru ini," kata FSB dalam sebuah laporan kepada para menteri dari pertemuan ekonomi utama Kelompok 20 (G20) minggu depan.

Negara-negara anggota FSB sekarang akan "secara proaktif" menganalisis kerentanan dari DeFi sebagai bagian dari pemantauan rutin pasar kripto, kata laporan itu.

"Tanggapan kebijakan potensial dapat mencakup, misalnya, persyaratan peraturan dan pengawasan terkait paparan langsung lembaga keuangan tradisional terhadap DeFi," katanya.

Runtuhnya FTX November lalu mengungkap kerentanan pada perantara dan DeFi, kata laporan itu.

"Seluruh dampak dari kegagalan ini, termasuk pada proyek DeFi yang dimiliki oleh FTX atau bergantung padanya untuk aliran perdagangan, akan membutuhkan waktu untuk menjadi jelas mengingat kurangnya pengungkapan dan transparansi di pasar ini," kata laporan itu.

Kerentanan yang paling mengkhawatirkan di DeFi terkait dengan "ketidaksesuaian" dalam likuiditas dari jatuh tempo yang berbeda dalam liabilitas dan aset, kata laporan itu.

Beberapa pengaturan DeFi mungkin "sengaja" lintas batas untuk mengeksploitasi celah dalam pengawasan, oleh karena itu diperlukan koordinasi internasional, tambahnya.

Sampai penurunan tajam harga bitcoin dan jatuhnya FTX, regulator sebagian besar berfokus pada aset kripto daripada teknologi terkait.

FSB mengatakan akan mempelajari tokenisasi - atau representasi digital - aset-aset riil yang dapat meningkatkan hubungan antara pasar kripto dan DeFi dengan sistem keuangan dan ekonomi yang lebih luas.

Rekomendasi FSB yang ada untuk mengatur aset kripto mungkin perlu ditingkatkan untuk menutupi risiko dari DeFi, kata laporan itu.

Anggota FSB juga akan mempelajari bagaimana aktivitas DeFi dapat berada di bawah aturan yang ada untuk keuangan arus utama.

"Jika aktivitas dan entitas DeFi dianggap berada dalam batas peraturan, penegakan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku diperlukan," kata laporan itu.

Untuk aktivitas DeFi di luar aturan yang ada, kebijakan baru mungkin diperlukan, katanya.


Baca juga: Tak hanya kripto, blockchain dinilai berguna untuk berbagai industri
Baca juga: Peretasan kripto 2022 curi 3,8 miliar dolar dipimpin kelompok Korut
Baca juga: Binance dukung investasi pada bursa mata uang kripto Korea Selatan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023