Jakarta (ANTARA) - Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta Barat menyiapkan sembilan mobil khusus untuk pelatihan kerja keliling dan secara langsung di rumah warga.

"Kita siapkan sembilan mobil dalam program Mobile Training Unit (MTU) yang nantinya menyasar ke wilayah rumah warga," kata Kepala PPKD Jakarta Barat, Faradiasa Sofardi Basuni
saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Faradiasa menjelaskan, masing-masing mobil menyediakan program pelatihan kerja yang berbeda. Ada mobil untuk pelatihan tata rias, tata boga, tata busana, desain grafis, teknik las listrik, teknik komputer, teknik mesin pendingin, teknik mesin sepeda motor dan operator komputer.

Mobil tersebut akan mendatangi lokasi sesuai dengan permintaan warga di masing-masing wilayah. Setelah datang, mobil tersebut memberikan fasilitas berupa alat-alat pelatihan kerja untuk warga.

Satu mobil pelatihan kerja dapat menampung 10 peserta. Mereka akan dilatih dari segi teori hingga praktik selama 20 hari.

Ke-10 peserta itu merupakan warga yang sudah dipilih berdasarkan persyaratan tertentu. Seleksi tersebut dilakukan agar bantuan pelatihan kerja ini bisa tepat sasaran.

Setelah mengikuti pelatihan kerja, pihaknya juga akan membantu para peserta untuk ditempatkan di beberapa perusahaan yang membutuhkan karyawan.

Faradiasa memastikan program pelatihan kerja keliling tersebut akan mulai bergulir pada 1 Maret 2023. Dia berharap, kegiatan ini dapat membantu warga mendapatkan keahlian sehingga bisa bersaing di dunia kerja.
Baca juga: Sudin KPKP Jakbar ajak warga jadi binaan Jakprenuer

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023