Ribuan liter Minyakita tersebut didistribusikan oleh pihak distributor yang ditunjuk Kementerian Perdagangan ke tiga pasar tradisional di Kudus,
Kudus (ANTARA) - Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mendapatkan gelontoran 2.880 liter minyak goreng bersubsidi atau Minyakita yang didistribusikan langsung ke pedagang di sejumlah pasar tradisional, Jumat.

"Ribuan liter Minyakita tersebut didistribusikan oleh pihak distributor yang ditunjuk Kementerian Perdagangan ke tiga pasar tradisional di Kudus," kata Kabid Fasilitasi Perdagangan Promosi dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Minan Muchammad di Kudus, Jumat.

Tiga pasar tersebut adalah Pasar Bitingan, Jember, dan Pasar Kliwon dengan alokasi masing-masing pasar berbeda-beda.

Baca juga: Pemkab Magelang awasi penyaluran "MinyaKita" di pasar tradisional

Minyak goreng bersubsidi tersebut, kata dia, dijual dengan harga Rp14.000 per liter dengan kemasan botol.

Pedagang yang mendapatkan pasokan, imbuh dia, merupakan pedagang yang memiliki komitmen bahwa minyak goreng tersebut benar-benar akan dijual langsung ke konsumen.

Untuk itu, kata Minan, pihaknya turut mengawal pendistribusiannya ke pasar-pasar, agar tidak ada permasalahan di lapangan. Sebelumnya hasil sidak Kemendag ditemukan ratusan ton minyak merek serupa sehingga menimbulkan kelangkaan di pasar.

Baca juga: Sempat langka Minyakita kembali masuk pasar tradisional Yogyakarta

Sumini, dari CV Kharisma Yasa Amarta mengungkapkan bahwa pendistribusiannya di Kudus 240 karton yang dibagi untuk tiga pasar, yakni Pasar Bitingan, Jember dan Kliwon.

"Jumlah minyak goreng yang didistribusikan juga disesuaikan dengan jumlah stok yang diterima," ujarnya.

Minyak goreng bersubsidi tersebut, di sejumlah pasar tradisional di Kudus sebelumnya dijual di atas harga banderol sebesar Rp16.000 per liter, sehingga masyarakat sulit menemukan pedagang yang masih menjual sesuai harga banderol. Dengan gelontoran tersebut, diharapkan harga jual di pasaran kembali normal.

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023