Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengungkapkan beberapa dukungan bagi para SDM digital agar dapat diserap industri.

"Kita ada tema bagian dari Digital Talent Scholarship (DTS), namanya Fresh Graduate Academy. Ini memberikan kesempatan untuk mahasiswa yang baru lulus dari perguruan tinggi mendapatkan pelatihan kompetensi, sertifikasi, dan juga penyaluran kerja," kata Hary kepada ANTARA, Jumat.

Hary mengatakan pelatihan kompetensi yang dimaksud tentunya terkait dengan kebutuhan industri terhadap talenta digital misalnya seperti Data Scientist, Metaverse Engineer, Marketing Digital Analyst, atau pekerjaan lainnya yang mengutamakan kompetensi sejalan dengan pemanfaatan teknologi dan ruang digital.

Baca juga: DTS Professional Academy jaring 13 ribu peserta

Kemenkominfo menggandeng banyak mitra seperti kementerian atau lembaga, perusahaan swasta, hingga perusahaan teknologi ternama untuk memberikan wadah bagi para peserta FGA bisa terserap di industri sebagai SDM digital.

Para peserta FGA diwajibkan mengikuti bootcamp atau pelatihan intensif untuk menjadi talenta digital secara hybrid.

Setelah itu mereka akan diberikan evaluasi terakhir untuk membuat proyek yang dapat menjadi solusi sesuai dengan tema pelatihan-nya dan bisa mengikuti sertifikasi.

Peserta yang lulus dalam FGA berkesempatan untuk menjalani magang dan apabila talenta digital dinilai sangat kompeten peluang untuk terserap ke industri sebagai pegawai lebih besar.

Kemenkominfo juga menghadirkan solusi lain agar SDM digital bisa terserap ke industri dengan merilis situs web diploy.id.

Situs web diploy.id disiapkan menjadi jembatan bagi para SDM digital yang secara khusus telah mengikuti pelatihan dalam program DTS namun belum mendapatkan pekerjaan.

Para SDM digital itu bisa memanfaatkan diploy.id untuk secara langsung mencari lowongan pekerjaan sesuai dengan kompetensinya di perusahaan-perusahaan yang telah bermitra dengan Kemenkominfo.

"Perusahaan-perusahaan itu nantinya akan selalu update kebutuhan SDM digitalnya lewat diploy.id. Nanti yang sudah ikut DTS bisa langsung terhubung untuk meng-apply di lowongan pekerjaan yang sesuai pelatihannya," ujar Hary.

Baca juga: Kemenkominfo lampaui target program DTS pada 2022

Baca juga: Kemenkominfo kembangkan DTS demi penuhi kebutuhan baru tenaga kerja

Baca juga: Kemenkominfo rangkul lebih banyak perempuan ikuti pelatihan wirausaha

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023