Jakarta (ANTARA) — Kolese Kanisius Jakarta menyelenggarakan Canisius Exhibitions of Learning Experience (C-XCLENCE) kepada para siswa kelas IX dan XII sebagai upaya menanamkan pola pikir kritis, inovatif dan kolaboratif dalam menyongsong abad ke-21.  

Kepala Yayasan Kolese Kanisius, Romo Leonardus E.B.Winandoko, SJ, Ed. D dalam seremoni pembukaan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan hasil studi dan eksplorasi kebenaran dari ilmu pengetahuan yang sudah dipelajari sehingga berguna dalam kehidupan.

“Apa yang telah dipelajari tidak hanya untuk dipahami oleh para siswa Kolese Kanisius tetapi untuk banyak orang. Ilmu yang hanya berguna untuk diri sendiri sangat tidak layak untuk dipresentasikan, akan tetapi ilmu yang berguna bagi perkembangan masyarakat untuk hidup bersama merupakan ilmu yang pantas untuk diperjuangkan,” ujarnya.

C-XCLENCE adalah kegiatan presentasi karya ilmiah dalam jurnal ilmiah yang telah dikerjakan selama satu semester. Siswa akan mempertanggungjawabkan hasil penelitian kepada khalayak umum dan civitas academica Kolese Kanisius Jakarta.

Selain presentasi karya tulis, akan ditampilkan juga pameran hasil karya berupa kegiatan-kegiatan lainnya dari siswa kelas VII dengan pengalaman kamping pramuka, kelas VIII & XI dengan pengalaman Live In, kelas X dengan pengalaman Jambore serta kelas IX & XII dengan pengalaman Research Paper dengan menggunakan salah satu aplikasi C-XLENCE untuk pendokumentasian hasil karya yang wajib diunduh oleh seluruh peserta didik Kolese Kanisius.

Semua kegiatan penelitian yang dilakukan para siswa berlangsung dalam satu rangkaian pengalaman yang didapat dari sekolah dan juga bagaimana di dalam kehidupan sehari-hari. Materi penelitian yang menekankan kajian literatur dan percobaan yang menggunakan berbagai aspek merupakan tantangan yang berhasil dijawab oleh para siswa Kolese Kanisius dalam merespon tantangan zaman melalui aktivitas penelitian ilmiah.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023