Barcelona (ANTARA) - Kepolisian Spanyol telah menemukan dua gambar berusia 100 tahun karya Salvador Dali yang dicuri tahun lalu di Barcelona.

Polisi mengatakan mereka telah menahan tiga pria bersaudara berusia 50, 53 dan 55 tahun, serta menyita dua gambar karya pelukis surealis Spanyol itu.

Dua gambar itu dibuat Dali pada 1922 untuk ilustrasi buku "Las Gracies de Emporda" atas permintaan penulisnya, Pere Coromines.

Polisi juga menyita karya-karya seni lainnya, termasuk karya grafis buatan seniman Spanyol Joan Miro, jam tangan mewah, serta koin dan uang kertas berharga.

Kedua gambar Dali itu, yang melukiskan suasana pedesaan di atas kertas warna cokelat, dibuktikan keasliannya oleh Yayasan Gala-Salvador Dali.

Yayasan tersebut adalah pemegang hak atas karya-karya Dali. Sang pelukis wafat pada 1989 pada usia 84 tahun.

Ketiga pria bersaudara tersebut ditahan Kepolisian Catalunya atas tuduhan menjadi pencuri spesialis karya seni, koleksi koin, dan barang antik lainnya di rumah-rumah di Barcelona.

Polisi menahan dua orang lain yang bertindak sebagai penadah barang-barang curian.

Ketiga pencuri tersebut dilepaskan dengan jaminan menjelang persidangan, sedangkan dua lainnya dilepaskan sambil menunggu persidang mereka.

Selain dua karya Dali, lima karya Miro –yang masih diperiksa keasliannya– dan dua karya pelukis Paco Sola, polisi menyita 55 jam tangan mewah.

Polisi juga menyita pena dari perak dan emas, permata, serta sejumlah koleksi koin dan uang kertas dari berbagai masa dan negara. 

Barang-barang itu diduga berasal dari sejumlah pencurian yang dilakukan dalam beberapa bulan terakhir.

Sumber: Reuters

Baca juga: Topeng Salvador Dali hingga "flare" warnai aksi bela Palestina

Baca juga: Al Pacino, Murphy Akan Bintangi Film Tentang Salvador Dali

 

Lukisan Kelinci Berusia 300 Tahun Yang Curi Perhatian

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2023