Banda Aceh (ANTARA) - Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemendikbudristek berupaya meningkatkan ide kreativitas mahasiswa yang mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).
 

“Tujuan PKM adalah membantu mahasiswa untuk membentuk karakter mereka yang inovatif, kreatif dan objektif,” kata Sub koordinator penalaran, kreativitas,minat, bakat, dan kesejahteraan Ditjen Belmawa, Jobih di Darussalam, Banda Aceh, Sabtu.
 

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela kegiatan sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang dihadiri mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Aceh.
 

Ia menjelaskan PKM merupakan program dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi yang pengelolaan di bawah Belmawa.

Baca juga: Kreativitas dan kolaborasi sangat penting dimiliki mahasiswa

Baca juga: Dua judul Program Kreativitas Mahasiswa FISIP UMSU lolos Pimnas 2022


“Program ini sudah terlaksana cukup lama dan mendapatkan sambutan positif dari berbagai kalangan, baik mahasiswa, dosen maupun masyarakat,” katanya.
 

Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan itu adalah tentang penggalian kreativitas ide PKM, penekanan bidang PKM 2023, tahapan kebijakan PKM 2023 dan hal teknis lainnya terkait penyusunan proposal PKM.
 

Direktur Direktorat Kemahasiswaan dan Alumni USK Dr Rahmat Fadhil mengatakan PKM dapat mendorong kreativitas dan semangat inovasi bagi mahasiswa.
 

“Kami sangat mendukung kegiatan sosialisasi ini karena semakin membuka wawasan atau informasi bagi mahasiswa dalam menyusun proposal PKM yang efektif,” katanya.
 

Ia mengatakan PKM memberi manfaat yang luas dan juga mendorong mahasiswa untuk bisa memberi kontribusi positif bagi masyarakat.

Perwakilan LLDikti Muhammad Najib menambahkan PKM juga merupakan salah satu upaya mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), di mana kegiatan tersebut memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah kreativitas dan semangat inovasinya.

Baca juga: UMK peringkat lima nasional pendanaan program kreativitas mahasiswa

 

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023