Jakarta (ANTARA) - Beragam berita ekonomi telah disiarkan Kantor Berita ANTARA sepanjang Sabtu (18/2) kemarin, mulai dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau stok dan harga bahan pangan di Pasar Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur, hingga pemerintah dan pelaku usaha siap meningkatkan ekspor produk kayu dan turunannya ke Amerika Serikat (AS).

Berikut sejumlah berita ekonomi sepanjang Sabtu (18/2) yang patut disimak kembali untuk memulai hari:


Presiden tinjau stok dan harga pangan di Pasar Wonokromo Surabaya

Presiden Joko Widodo meninjau Pasar Wonokromo di Kota Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, guna mengecek stok dan harga bahan pangan, seperti beras, minyak goreng, dan telur.

Menurut Presiden, harga beras di pasaran sudah cukup baik dengan kisaran Rp9.000 per kilogram. Hal itu berarti operasi pasar yang dijalankan Perum Bulog untuk menstabilkan harga beras sudah berjalan

Berita selengkapnya


Menkeu: Penyesuaian otomatis belanja K/L 2023 capai Rp50,23 triliun

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan nilai automatic adjustment atau penyesuaian otomatis belanja kementerian/lembaga (K/L) pada tahun 2023 mencapai Rp50,23 triliun.

Kebijakan ini merupakan mekanisme pencadangan belanja K/L yang diblokir sementara pada pagu belanja karena masih dipandang perlu dilanjutkan sebagai usaha mitigasi risiko agar APBN mampu menahan gejolak yang diperkirakan akan timbul.

Berita selengkapnya


Sri Mulyani: Prinsip adil dan terjangkau penting dalam transisi energi

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan prinsip adil dan terjangkau penting dalam transisi energi, sehingga Conference of The Parties (COP) yang merupakan konferensi perubahan iklim terus membahas prinsip tersebut.

"Namun tidak hanya retorika. Jika kita tidak mempersiapkan diri pada prinsip adil dan terjangkau secara nyata, maka tidak akan ada kemajuan," ungkap Sri Mulyani dalam acara Munich Security Conference bertajuk "Power Shifts: Geopolitics of the Green Transition", yang dipantau secara daring di Jakarta, Sabtu.

Berita selengkapnya

 

BKF: Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023 dorong ekonomi kawasan tangguh

Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengatakan keketuaan Indonesia di ASEAN 2023 mendorong ekonomi kawasan Asia Tenggara lebih tangguh, terutama dalam menghadapi gejolak global yang tidak menentu.

"Kita pengen untuk membuat ekonomi yang lebih kuat lebih tangguh," kata Analis Kebijakan Ahli Muda BKF Kemenkeu Dessi Widya dalam acara Komunita Meet Up Bandung ASEAN Matters: Epicentrum of Growth yang dipantau virtual di Jakarta, Sabtu.

Berita selengkapnya

Indonesia siap tingkatkan ekspor produk kayu ke AS

Pemerintah dan pelaku usaha Indonesia siap bersinergi untuk meningkatkan ekspor produk kayu dan turunannya ke Amerika Serikat (AS) yang dinilai masih terbuka luas.

Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri, Umar Hadi dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu mengatakan berbagai tantangan yang ada bakal dicarikan solusi secara bersama-sama agar pangsa pasar produk kayu Indonesia di AS dapat terus meningkat.

Berita selengkapnya



Baca juga: Kemarin, Mentan jamin stok pangan hingga pembukaan kartu prakerja
Baca juga: Kemarin, BI tahan bunga acuan hingga insentif bagi motor listrik
Baca juga: Kemarin, SKK Migas temukan cadangan gas dan Mentan dorong inovasi


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023