Jakarta (ANTARA) - Beragam berita ekonomi telah disiarkan Kantor Berita ANTARA sepanjang Senin (13/2) hingga Sabtu (18/2), mulai dari Mentan Syahrul Yasin Limpo menjamin stok komoditas pangan mencukupi menjelang Ramadhan dan Lebaran 2023, hingga pemerintah dan pelaku usaha siap meningkatkan ekspor produk kayu dan turunannya ke Amerika Serikat (AS).

Berikut sejumlah berita ekonomi sepanjang pekan ini yang patut Anda simak kembali untuk memulai akhir pekan ini :


Mentan Syahrul jamin stok pangan cukup jelang Ramadhan

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjamin stok komoditas pangan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan nasional menjelang tren peningkatan permintaan pada momen Ramadhan dan Lebaran 2023.

"Sejauh ini, dalam hitungan neraca kita, semua (komoditas pangan) aman," kata Mentan Syahrul di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat.

Berita selengkapnya


Mentan lapor ke Presiden panen raya sudah berlangsung di semua daerah

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melaporkan kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bahwa panen raya sudah berlangsung di semua daerah dengan produktivitas beras yang tidak meleset dari analisa pemerintah.

“Kami laporkan kepada Bapak Presiden bahwa mulai Februari sampai Maret 2023 ini proses-proses panen raya sudah berlangsung di semua daerah,” kata Mentan Syahrul setelah diterima Presiden di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat.

Berita selengkapnya
Sri Mulyani dorong peran JICA dalam penyediaan energi RI makin besar

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani mendorong agar peran Badan Kerja Sama Internasional Jepang (Japan International Cooperation Agency/JICA) dalam penyediaan energi, khususnya energi terbarukan di Indonesia semakin diperbesar.

Perluasan peran tersebut antara lain melalui skema Just Energy Transition Partnership (JETP) untuk mendorong transisi energi yang terjangkau dan berkelanjutan.

"Peran krusial kerja sama antarnegara dan kerja sama erat di antara lembaga regional serta multilateral diperlukan agar Asia menjadi titik terang bagi dunia," ujar Sri Mulyani dalam pertemuan dengan Presiden JICA seperti dikutip dari keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

Berita selengkapnya

 

Airlangga: Perppu Cipta Kerja beri kepastian hukum bagi masyarakat

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Cipta Kerja akan memberikan kepastian hukum bagi masyarakat.

Adapun Rancangan Undang-Undang Penetapan Perppu Cipta Kerja telah disetujui oleh Badan Legislasi DPR untuk dibawa ke sidang Rapat Paripurna DPR RI, guna dilakukan pengambilan keputusan tingkat II dan disahkan menjadi Undang-Undang.

"Pemerintah telah mendengar pandangan fraksi-fraksi dan memberikan apresiasi, baik yang mendukung dan menyetujui, maupun fraksi yang tidak menyetujui. Tentunya semua catatan itu selalu menjadi masukan bagi Pemerintah dalam pelaksanaan UU Penetapan Perppu Cipta Kerja Menjadi UU nantinya,” ungkap Airlangga dalam keterangan resmi, Rabu.

Berita selengkapnya


Indonesia siap tingkatkan ekspor produk kayu ke AS

Pemerintah dan pelaku usaha Indonesia siap bersinergi untuk meningkatkan ekspor produk kayu dan turunannya ke Amerika Serikat (AS) yang dinilai masih terbuka luas.

Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri, Umar Hadi dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu mengatakan berbagai tantangan yang ada bakal dicarikan solusi secara bersama-sama agar pangsa pasar produk kayu Indonesia di AS dapat terus meningkat.

Berita selengkapnya

 

Baca juga: Sepekan, ekonomi tumbuh 5,31 persen di 2022 hingga mafia beras
Baca juga: BPS minta perhatikan stok & distribusi pangan guna kendalikan inflasi
Baca juga: Badan Pangan minta stok beras impor Bulog habis sebelum panen raya


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023