Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertanian periode 2000 – 2004 Bungaran Saragih menyatakan mekanisasi pertanian memiliki potensi besar untuk meningkatkan pendapatan petani kecil dan memastikan terwujudnya ketahanan pangan nasional.

"Peran mekanisasi pertanian sangat penting dalam mendukung praktik pertanian modern berkelanjutan serta mewujudkan swasembada pangan," ujarnya di Jakarta, Jumat.

Mekanisasi pertanian atau industri agrootomotif, lanjutnya, merupakan bagian dari subsistem agribisnis hulu yang harus berjalan secara silmutan dan harmonis untuk mendukung terwujudnya produksi pangan atau subsistem agribisnis on-farm (usaha tani).

Untuk mengembangkan adopsi mekanisasi pertanian yang lebih merata sesuai dengan kebutuhan nasional, Bungaran menyampaikan, perlunya dukungan berbagai stakeholder terkait, meliputi pemerintah, produsen dan distributor alsintan, lembaga pelatihan, hingga lembaga pembiayaan.

"Pasalnya, petani memiliki keterbatasan akses terhadap pengetahuan, teknologi, dan permodalan," katanya pada seminar dan talk show bertajuk "Pertanian Modern: Meraih Peluang Pasar Mesin Pertanian di Indonesia".

Oleh karena itu, menurut dia, perlu dilakukan upaya membuat mekanisasi pertanian lebih inklusif bagi petani skala kecil.

Sementara itu Principal Business Consultant PRISMA (program kerja sama Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Australia untuk pertumbuhan pasar pertanian) Nanang Widyanarko menyatakan pihaknya berkomitmen untuk membantu petani skala kecil mengadopsi teknologi mekanisasi sehingga pendapatan mereka dapat ikut meningkat.

Strategi intervensi PRISMA, tambahnya, melalui fasilitasi pelaku usaha dalam memperluas jangkauan pasar, peningkatan kapasitas pelaku pasar, dan memfasilitasi hubungan bisnis bagi perusahaan mesin.

Pada kesempatan itu Kepala Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Mekanisasi Pertanian (BSIP Mektan), Kementerian Pertanian Agung Prabowo menjelaskan usaha pemerintah dalam mengembangkan alat dan mesin pertanian modern yang sesuai dengan kebutuhan Indonesia.

Baca juga: Rektor IPB: Mekanisasi pacu produktivitas pertanian Papua Barat
Baca juga: Kementan perkuat sistem mekanisasi untuk pertanian modern
Baca juga: CIPS: Investasi dan mekanisasi pertanian bantu atasi tantangan pangan

Pewarta: Subagyo
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024