Jakarta (ANTARA) - Ragam topik terpopuler mewarnai pemberitaan rubrik humaniora selama sepekan terakhir terhitung sejak 12 sampai 18 Februari 2023.

Berita tentang penetapan biaya penyelenggaraan ibadah haji yang menembus angka Rp49,8 juta per jamaah menjadi salah satu topik yang menyita banyak perhatian pembaca.

Selain itu, bantuan kemanusiaan berupa logistik dari Indonesia untuk para korban guncangan gempa bumi di Turki dan Suriah juga masuk pemberitaan terpopuler sepekan.

Berikut ulasan berita-berita terpopuler selengkapnya:


1. Biaya haji Rp49,8 juta

Panitia Kerja Komisi VIII DPR RI bersama Kementerian Agama dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) telah menyepakati biaya perjalanan haji tahun ini sebesar Rp49,8 juta per jamaah. Biaya itu meliputi biaya penerbangan, biaya hidup, dan sebagian biaya paket layanan masyair.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Besaran biaya disepakati, DPR berhasil tekan biaya haji 2023

2. Bantuan logistik untuk Turki dan Suriah

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan Pemerintah Indonesia akan mengirimkan bantuan kemanusiaan kloter ketiga untuk korban gempa Turki dan Suriah pada 20 Februari 2023 mendatang.

Menurutnya, bantuan kloter ketiga itu berisi bantuan logistik sesuai dengan permintaan dari Pemerintah Turki dan Suriah.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: RI kirim bantuan kloter ketiga untuk Turki dan Suriah pada 20 Februari


3. Gunung Bromo mengalami gempa tremor menerus

Aktivitas Gunung Bromo yang memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut (mdpl) didominasi gempa tremor menerus selama beberapa hari terakhir dan status gunung yang berada di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, itu berada pada Level II atau Waspada.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Aktivitas Gunung Bromo didominasi gempa tremor menerus

4. Pemerintah sambut RUU PPRT jadi inisiatif DPR

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan bahwa pemerintah siap menyambut Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT) menjadi RUU inisiatif DPR RI.

Menurutnya, keberadaan undang-undang PRRT sangat urgen karena pekerja rumah tangga dalam menjalankan pekerjaannya berada dalam ruang privat, sehingga memungkinkan terjadi kerentanan.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Menaker: Pemerintah siap sambut RUU PPRT jadi inisiatif DPR

5. Pelajar SD kejar Presiden Jokowi sejauh satu kilometer

Seorang anak kelas IV Sekolah Dasar (SD) bernama Raska menangis karena sudah mengejar Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sejauh satu kilometer, tetapi tidak bisa mendapatkan kesempatan untuk foto bersama.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Pelajar SD kejar Presiden Jokowi hingga 1 km untuk foto bersama

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023