Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping pada Sabtu (18/2) menyampaikan bahwa dirinya siap bekerja sama dengan para pemimpin negara-negara Afrika untuk membangun komunitas tingkat tinggi China-Afrika dengan masa depan bersama dan mempertahankan momentum pembangunan yang baik.

Presiden Xi mengutarakan janji tersebut dalam pesannya untuk Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Uni Afrika (African Union/AU) ke-36.

Dalam kesempatan itu dia juga menyampaikan ucapan selamat kepada negara-negara dan masyarakat Afrika atas pembukaan KTT tersebut.

Xi mengatakan bahwa Uni Afrika, dalam beberapa tahun terakhir, telah menyatukan dan memimpin negara-negara Afrika untuk menghadapi tantangan global, mempercepat pembangunan Kawasan Perdagangan Bebas Benua Afrika, dan memainkan peran penting dalam memediasi isu-isu hangat di Afrika, yang telah mendorong status dan pengaruh Afrika di panggung internasional.
 
   Presiden China tersebut juga mengungkapkan harapannya yang tulus kepada negara-negara dan masyarakat Afrika untuk meraih kesuksesan yang lebih besar dalam jalur pembangunan dan revitalisasi mereka


Hubungan China-Afrika mempertahankan momentum pembangunan yang baik pada 2022, kata Xi.

Ia menuturkan bahwa kerja sama antara China dan Afrika bergerak maju dengan stabil lewat cara yang menyeluruh, multitingkat, dan berkualitas tinggi, yang memimpin dalam kolaborasi internasional dengan Afrika.

Xi menyampaikan bahwa dirinya siap bekerja sama dengan para pemimpin Afrika untuk lebih lanjut meningkatkan kerja sama yang bersahabat antara China dan Afrika, serta memfasilitasi koordinasi dalam urusan internasional dan regional. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2023