Paket terdiri dari daging qurban berikut bumbu masak yang sangat diperlukan dhuafa karena harga bumbu yang melambung pada hari raya

     ABC Dapur Peduli Idul Adha 1433H menjadi program yang sangat unik dan tepat guna bagi kaum dhuafa karena memberikan paket daging qurban beserta bumbu masaknya

     Lebih dari 1.300 paket untuk hidangan qurban di 45 titik kantung dhuafa pilihan ibu-ibu sahabat ABC di Jakarta, Bandung, Semarang dan Yogyakarta


     Jakarta, 24/10 (ANTARA) -  ABC Dapur Peduli akan membagikan lebih dari 1.300 paket untuk hidangan qurban di 45 titik kantung dhuafa di Jakarta, Bandung,Semarang dan Yogyakarta dalam rangka menyemarakkan gema Idul Adha 1433H, 26 Oktober mendatang. Paket untuk hidangan qurban tersebut terdiri dari daging qurban beserta resep dan bumbu masaknya.

     Program ini merupakan bagian dari serangkaian program amal tahunan ABC Dapur Peduli yang dipelopori Heinz ABC Indonesia dan merupakan program yang sangat unik dan tepat guna bagi kaum dhuafa karena tidak hanya membagikan daging qurban namun juga bumbu masaknya.

     Ari K Wibowo, Senior Brand Manager, PT. Heinz ABC Indonesia, mengatakan, "Berdasarkan hasil pengamatan kami di lapangan, setelah menerima daging kurban dari para donatur sebenarnya dhuafa masih menghadapi masalah bagaimana memasak daging tersebut karena bumbu masak yang harganya semakin mahal. Banyak yang akhirnya patungan agar biaya bumbu masak dapat ditanggung bersama. Hal ini yang melatar belakangi  ABC Dapur Peduli untuk pertama kalinya membuat paket daging qurban dengan bumbu masak yang dibagikan agar semakin meringankan beban dhuafa."

     Dengan mempertimbangkan harga-harga bumbu masak di pasar yang biasanya melambung mendekati hari raya, diperkirakan dhuafa memerlukan paling sedikit dana tambahan Rp 5.000 -­ Rp 10.000 untuk mengolah sekitar 1 ­ - 1,5 kg daging menjadi masakan yang layak. Bagi masyarakat kelas menengah ke atas, dana sebesar itu mungkin tidak signifikan, namun berbeda halnya dengan dhuafa yang memiliki penghasilan rata - rata $2 per hari (Rp 20.000 per hari).

     Bumbu-bumbu yang disiapkan oleh ABC Dapur Peduli merupakan bumbu masak yang disesuaikan dengan tiga resep praktis yang disusun pakar kuliner Indonesia, Yeni Ismayani. Ketiga resep tersebut adalah semur, sate dan tong seng.

     "Ketiga resep saya susun sesederhana mungkin agar mudah digunakan ibu - ibu para penerima daging qurban. Sebagaimana diketahui, daging adalah salah satu bahan makanan yang paling sulit diolah karena sifatnya yang tidak mudah menyerap bumbu, berkenaan dengan karakteristik karkas atau pori - pori yang lebih rapat dan serat daging yang lebih padat", kata Yeni Ismayani. "Oleh karena itu jumlah bumbu harus lebih banyak dibanding memasak bahan makanan lain dan prosesnya memasak daging juga lebih lama. Selain komposisi bumbu, teknik memotong daging juga berpengaruh sangat besar agar bumbu dapat meresap".

     Berkomentar tentang paket untuk hidangan qurban ini, Chef Yeni Ismayani sangat senang dapat berkontribusi dalam kegiatan ABC Dapur Peduli Idul Adha 1433H kali ini. "Membuat Pake bumbu masak dengan daging qurban merupakan inovasi yang sangat tepat bagi kegiatan Idul Adha. Selain lebih praktis, paket tersebut benar - benar meringankan beban dhuafa yang harus membagi pengeluaran mereka setiap harinya. Dengan bantuan ini, saya percaya bahwa saudara-saudara kita akan merasa sangat terbantu", katanya.

     Komunitas ABC Dapur Peduli selama dua minggu sebelum perayaan Idul Adha bersaing menominasikan daerah-daerah yang ingin mereka sumbang agar mendapatkan paket untuk hidangan qurban ini. Tim lapangan kemudian memilah - milah lokasinya dan melakukan cek lapangan sebelum akhirnya menetapkan 45 lokasi pembagian.

     Untuk informasi lebih lengkap mengenai Program Amal ABC Dapur Peduli, silakan kunjungi http://www.facebook.com/abcdapurpeduli dan bergabunglah dengan ABC Dapur Peduli untuk saling berbagi kegiatan amal atau berbagi pengalaman memasak.

     Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Cognito Communications Counsellors di 021-739 9928 dengan Ade Ivan (E: ade@cognito.co.id).
   

Ade Ivan
Cognito Communications Counsellors
Sound Advice ... Clear Thinking ... Impeccable Execution
Jl. Cisanggiri V No. 6, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12170, Indonesia
t: (62-21) 739 9928 (hunting)
f: (62-21) 727 98914
w: www.cognito.co.id


   



Pewarta: Djoko
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2012