Sleman (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta bekerja sama dengan Arkamaya Sembung, Kapanewon (Kecamatan) Gamping menyelenggarakan Festival Musik, Mainan dan Makanan Tradisional untuk mempromosikan pariwisata di wilayah Sleman barat, Minggu.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo yang hadir pada kegiatan tersebut menyampaikan dukungannya terhadap pelaksanaan festival tersebut.

Menurut dia, agenda tersebut menjadi wujud media promosi akan keberagaman seni budaya serta kuliner tradisional yang ada di Kabupaten Sleman.

"Semoga daya tarik destinasi Sleman Barat semakin meningkat, sehingga tidak berkembang di sisi utara saja," katanya.

Ia juga berharap dari festival musik mainan makanan tradisional ini nantinya dapat memunculkan produk unggulan Sleman yang bisa dikembangkan sebagai ikon Sleman.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sleman terus menggalakkan "branding" wisata Sleman Barat.

"Rencananya, pengembangan destinasi wisata ini akan dilakukan dengan fasilitas jip wisata," katanya.

Menurut dia, kehadiran Arkamaya Sembung ini turut menjadi alternatif wisata yang menarik bagi para wisatawan.

"Jadi orang-orang tidak hanya tahu wisata Sleman utara dan timur saja," katanya.

Manajer Marketing and Event Arkamaya Sembung Rona Agung menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten Sleman atas pelaksanaan Festival Arkamaya.

Ia mengatakan lahirnya Arkamaya juga memiliki tujuan untuk menggali dan mengembangkan sektor pariwisata dan kesenian di kawasan Sleman barat. Hal itu salah satunya diwujudkan dengan pelaksanaan pertunjukan kesenian, permainan tradisional, serta senam massal bersama 300 peserta.

"Semoga kolaborasi antara Arkamaya dan pemerintah Kabupaten Sleman ini bisa terus terjalin untuk bersama meningkatkan kunjungan wisata di Sleman barat," katanya.
 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023