Pos kesehatan sudah mulai bisa beroperasi sejak kemarin
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat mendirikan pos kesehatan guna melayani warga di kawasan Jembatan Lima, Tambora, lantaran belum ada Puskesmas tingkat kelurahan di lokasi tersebut.

"Kita akhirnya buat pos kesehatan untuk sementara menggantikan peran Puskesmas. Fungsinya sudah pasti untuk melayani warga dalam pemeriksaan kesehatan dan penanganan medis," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Erizon Safari saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Erizon mengatakan, sebelumnya wilayah Kelurahan Jembatan Lima tidak memiliki fasilitas Puskesmas. Akibatnya warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan terpaksa ke Puskesmas tingkat Kecamatan Tambora.

Karena hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat beserta jajarannya membahas hal ini di tingkat kota sejak tahun 2021.

Melalui pembahasan yang panjang, pihaknya lalu membangun pos kesehatan di gedung yang sebelumnya dipakai sebagai Kelurahan Jembatan Lima. "Pos kesehatan sudah mulai bisa beroperasi sejak kemarin," kata dia.

Baca juga: Anak-Anak eks-Kalijodo bersekolah di kolong Jembatan Lima
Baca juga: Razia "cabut pentil" di Glodok, Jembatan Lima, Pinangsia

Pos kesehatan tersebut berlokasi di Jalan Stasiun Angke Gudang Bandung RT 05/05, Kelurahan Jembatan Lima, Tambora, Jakarta Barat.

Beragam jenis pelayanan dihadirkan di pos kesehatan tersebut seperti pemeriksaan kesehatan, konsultasi klinis hingga vaksinasi.

"Kecuali pemeriksaan gigi karena memerlukan alat khusus. Pemeriksaan gigi hanya ada di Puskesmas yang definitif," kata dia.

Dengan hadirnya pos kesehatan di Jembatan Lima, dia berharap warga setempat tidak kejauhan lagi dalam mencari pelayanan kesehatan.

​​​

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023