Hingga Selasa malam, titik api terpantau masih terus menyala menyasar ke hutan bakau daerah itu dan petugas tidak bisa berbuat banyak karena akses masuk ke hutan tidak bisa dilalui oleh para petugas pemadam
Natuna, Kepri (ANTARA) - Tim gabungan berhasil memadamkan api sekitar permukiman warga akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Batubi Jaya, Bunguran Batubi, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

"Tadi api sempat merambat ke arah permukiman warga di situ, beruntung cepat ditangani petugas," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Natuna, Raja Darmika di lokasi kebakaran, Selasa (21/2) sore.

Terjadinya kebakaran diketahui setelah adanya laporan dari warga sekitar yang melaporkan telah terjadi kebakaran lahan seluas kurang lebih lima hektare.

Ia mengatakan pemadaman melibatkan berbagai pihak, di antaranya Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Natuna, BPBD, TNI, Polri, pihak kecamatan, desa bahkan warga sekitar.

Hingga Selasa malam, titik api terpantau masih terus menyala menyasar ke hutan bakau daerah itu dan petugas tidak bisa berbuat banyak karena akses masuk ke hutan tidak bisa dilalui oleh para petugas pemadam.

Titik api masih terlihat jelas di wilayah Desa Batubi Jaya arah ke Pelabuhan Sebangkar dan penyebab kebakaran belum diketahui pasti.

"Namun dugaan sementara, besar kemungkinan akibat adanya aktifitas buka lahan dari pihak yang tidak bertanggung jawab," katanya.

Lokasi kebakaran tersebut, selain menghanguskan lahan sekitar pemukiman juga menganguskan lahan usaha (LU) 2 masyarakat hingga ke wilayah hutan dan bakau sekitar.

Karena itu, pihaknya mengimbau warga tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar hutan karena akan merugikan banyak pihak serta dapat mengancam keselamatan orang lain.

"Kalau mau buka lahan, gunakan cara yang baik, kalau mau bakar sampah di area kebun bakar lah seperlunya dan tentunya tidak terlepas dari pengawasan, namun kita sarankan tidak ada aktifitas pembakaran di wilayah hutan dan lahan," demikian Raja Darmika.

Baca juga: Kebakaran lahan gambut di Natuna semakin meluas

Baca juga: Lahan terbuka dengan cara dibakar, pria di Natuna jadi tersangka karhutla

Baca juga: Cuaca panas pemicu karhutla di Natuna dan Bintan

Pewarta: Cherman
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023