Jakarta (ANTARA) - Berita isu-isu perkotaan mewarnai Jakarta pada Selasa (21/2) dan agaknya layak untuk dibaca dan diulas kembali pada Rabu ini.

Berikut rangkumannya : 

1. Hari peduli sampah ingatkan masyarakat tragedi longsoran di Leuwigajah

Jakarta (ANTARA) - Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati pada setiap 21 Februari, menjadi pengingat masyarakat soal tragedi longsoran sampah di TPA Leuwigajah, Cimahi, pada 18 tahun silam.

Plt Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakarta Pusat, Edy Mulyanto, mengatakan kejadian itu tidak hanya menghilangkan ratusan nyawa, tetapi menghilangkan dua kampung atau desa karena timbunan sampah.

Selengkapnya di sini.


2. Jakarta Timur bebas penyakit kulit dan kaki gajah

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur menerima Sertifikat Bebas Frambusia dan Sertifikat Eliminasi Filariasis dari Kementerian Kesehatan karena wilayah tersebut bebas dari penyakit kulit serta kaki gajah.

Sertifikat Bebas Frambusia diserahkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin kepada Wali Kota Administrasi Jakarta Timur Muhammad Anwar di Krakatau Grand Ballroom Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Cipayung, Jakarta Timur, Selasa.

Selengkapnya di sini.


3. Disnakertrans DKI daftarkan 235 portir Stasiun Gambir sebagai peserta BPJS-TK

Jakarta (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Disnakertransgi) DKI Jakarta mendaftarkan 235 portir di Stasiun Gambir sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Andri Yansyah mengatakan pendaftaran portir sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan ini selain untuk memberi perlindungan saat bekerja juga dalam rangka memperingati bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (KKK).

Selengkapnya di sini.


4. DKI anggarkan Rp469 miliar untuk bebaskan lahan normalisasi Ciliwung

Jakarta (ANTARA) - Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta menganggarkan Rp469 miliar untuk pembebasan lahan normalisasi Kali Ciliwung pada  empat kelurahan di Jakarta Timur pada 2023.

“Sekarang progres-nya perpanjangan penetapan lokasi,” kata Kepala Unit Pengadaan Tanah Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Roedito Setiawan di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya di sini.


5. Perum PPD lakukan evaluasi keselamatan terkait kecelakaan bus gandeng

Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD) melakukan evaluasi keselamatan menyusul kecelakaan lalu lintas antara bus gandeng TransJakarta dengan gerobak pedagang kaki lima (PKL) pada Minggu (19/2) malam.

"PPD terus melakukan evaluasi dan perbaikan dengan tetap mengutamakan keselamatan dan kenyamanan para pengguna layanan," kata Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Perum PPD Chrissma Sulistyana dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya di sini.


6. Legislator dorong Pemprov DKI buat terobosan penanganan sampah

Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Hardiyanto Kenneth mendorong Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat program terobosan penanganan sampah dengan cara kreatif dan inovatif.

Hal itu mengingat berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DKI Jakarta pada 2021, Jakarta menghasilkan 7,2 ribu ton per hari dengan jenis sampah organik merupakan yang terbanyak.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023