Los Angeles (ANTARA) - Sekitar 130 ribu kasus COVID-19 pada anak dilaporkan di Amerika Serikat (AS) selama empat pekan terakhir, menurut laporan terbaru dari Akademi Pediatri Amerika (American Academy of Pediatrics/AAP) dan Asosiasi Rumah Sakit Anak (Children's Hospital Association).

Hingga 16 Februari, lebih dari 15,4 juta anak di AS dilaporkan telah teruji positif COVID-19 sejak awal pandemi, menurut laporan tersebut.

Hampir 29 ribu kasus COVID-19 pada anak dilaporkan dalam pekan yang berakhir pada 16 Februari. Selama lima bulan terakhir, kasus anak yang dilaporkan setiap pekan mencapai rata-rata sekitar 33 ribu kasus, menurut laporan itu.

Pengumpulan lebih banyak data berdasarkan usia perlu dilakukan guna menilai tingkat keparahan penyakit yang berkaitan dengan varian-varian baru serta potensi efek jangka panjang, sebut laporan itu.

Penting untuk mengetahui bahwa terdapat efek langsung dari pandemi terhadap kesehatan anak-anak, tetapi yang terpenting adalah kita perlu mengidentifikasi dan mengatasi dampak jangka panjang terhadap kesehatan fisik, mental, serta sosial generasi anak-anak dan remaja ini, kata AAP sebagaimana dilaporkan Xinhua, Rabu.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023