Dhaka (ANTARA) - Ratusan ribu orang memadati Central Shaheed Minar, sebuah monumen peringatan yang ikonik, di Dhaka, Bangladesh, untuk memberikan penghormatan kepada para aktivis gerakan bahasa di negara itu.

Sejarah Bangladesh menyebutkan para aktivis tersebut mengorbankan nyawa mereka pada 21 Februari 1952, yang dinyatakan sebagai Hari Bahasa Ibu Internasional oleh UNESCO pada 1999.

Hari Bahasa Ibu Internasional merupakan peringatan tahunan berskala global guna meningkatkan kesadaran tentang keberagaman bahasa dan budaya, serta untuk mempromosikan multilingualisme.
 
Seorang anak berpose untuk difoto di dekat altar berhiaskan bunga di Central Shaheed Minar, sebuah monumen peringatan yang ikonik, di Dhaka, Bangladesh, pada 21 Februari 2020. (ANTARA/Xinhua)
 
Seorang wanita berpose di altar berhiaskan bunga di Central Shaheed Minar, Dhaka, Bangladesh, Selasa (21/2/2023). (ANTARA/Xinhua)
 
Seorang anak berpose di altar berhiaskan bunga di Central Shaheed Minar, Dhaka, Bangladesh, Selasa (21/2/2023). (ANTARA/Xinhua)

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023