Pemerintah mendukung penerapan hasil-hasil inovasi sederhana terutama yang dikembangkan oleh petani, salah satunya adalah biosaka.
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur, mendorong penggunaan biosaka yang merupakan salah satu teknologi terkini untuk meningkatkan produksi pertanian dan mendukung program luas tambah tanam (LTT) tanaman pangan di wilayah tersebut.

Bupati Malang M Sanusi di Kabupaten Malang, Rabu, mengatakan bahwa dalam upaya mewujudkan pertanian yang maju, mandiri, dan modern, pihaknya mendukung penerapan hasil inovasi, termasuk yang dikembangkan oleh petani seperti biosaka.

"Pemerintah mendukung penerapan hasil-hasil inovasi sederhana terutama yang dikembangkan oleh petani, salah satunya adalah biosaka," kata Sanusi.

Baca juga: Mentan ajari petani Sigi cara membuat pupuk organik Biosaka

Biosaka merupakan salah satu teknologi terkini yang diharapkan dapat meningkatkan kuantitas serta kualitas produksi seluruh komoditas pertanian dengan cara yang lebih efektif, ekonomis dan efisien.

Biosaka merupakan larutan ekstrak tumbuhan yang berperan sebagai elisitor yang dapat meningkatkan produktivitas tanaman. Penggunaan biosaka dalam usaha tani adalah sebagai salah satu upaya perlindungan tanaman berbasis ekologi untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Sanusi menjelaskan, komoditas tanaman pangan seperti padi, memiliki peranan penting dalam menopang kehidupan manusia, serta menjadi tumpuan besar bagi sebagian masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan.

"Melalui Kementerian Pertanian juga telah melaksanakan upaya khusus untuk meningkatkan LTT komoditas tanaman pangan. Hal ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan produksi komoditas tanaman pangan sehingga ketersediaan pangan tetap terjaga," kata Sanusi.

Baca juga: Kalbar gencarkan buat pupuk secara mandiri melalui program BSM3

Sanusi menilai, dengan teknologi tepat guna terkini dalam dunia pertanian seperti biosaka tersebut, tentunya harus diikuti, dipahami dan diaplikasikan dalam upaya untuk meningkatkan kualitas produksi hasil pertanian di Kabupaten Malang.

Ia menambahkan, dengan pemanfaatan teknologi tepat guna yang pada akhirnya mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian khususnya di wilayah Kabupaten Malang tersebut, diharapkan bisa mewujudkan para petani tangguh.

"Seiring dengan peningkatan kuantitas dan kualitas hasil pertanian ini, tentunya diharapkan dapat terwujud petani yang tangguh menuju Kabupaten Malang Makmur," katanya.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023