donasi untuk korban gempa Turki-Suriah ini dihimpun dalam rentang waktu dua pekan
Banda Aceh (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto menyerahkan bantuan sebesar Rp358.482.000 dari Pemerintah Kabupaten dan masyarakat Kabupaten Aceh Besar untuk korban musibah gempa yang melanda Turki-Suriah.

“Donasi untuk korban gempa Turki-Suriah ini dihimpun dalam rentang waktu dua pekan. Alhamdulillah, sore ini kita serahkan donasi gempa Turki yang berasal dari jajaran Pemkab Aceh Besar dan seluruh rakyat Aceh Besar yang telah berkontribusi menghimpun donasi untuk korban gempa Turki-Suriah,” kata Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto di Banda Aceh, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela menyerahkan bantuan tersebut kepada Kepala BPBA Dr Ilyas dan turut didampingi Kepala Pelaksana BPBD Aceh Besar Ridwan Jamil.

Ia menjelaskan bantuan yang dihimpun tersebut berasal dari jajaran dewan guru se-Aceh Besar, jajaran organisasi perangkat daerah (OPD), organisasi kemasyarakatan dan masyarakat umum.

Baca juga: Bantuan kemanusiaan tahap ketiga dari Indonesia tiba di Adana Turki
Baca juga: Gempa di Turki dorong 20.000 warga Suriah kembali ke negaranya

Ia berharap bantuan yang diberikan tersebut dapat meringankan beban masyarakat Turki dan Suriah yang tertimpa musibah gempa bumi.

Kalak BPBA, Ilyas menyatakan rasa terima kasihnya kepada Pemkab dan masyarakat Aceh Besar yang telah mendonasikan dana Rp 358,4 juta untuk korban musibah gempa Turki-Suriah.

“Alhamdulillah, Pemkab Aceh Besar sangat luar biasa. Mudah mudahan pemkab dan pemkot lainnya di Aceh mengikuti jejak Aceh Besar. Terima kasih kepada Pak Pj Bupati yang telah menyerahkan donasi di petang ini,” katanya.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Turki (AFAD), korban tewas akibat dua gempa besar bermagnitudo 7,7 dan 7,6 itu bertambah menjadi 42.310 orang.

Baca juga: Presiden Jokowi lepas bantuan untuk korban gempa Turki dan Suriah

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023