Medan (ANTARA) - Dinas Kesehatan Sumatera Utara bersama Kementerian Kesehatan RI menyiapkan 17 pos kesehatan terpadu di venue penyelenggaraan F1 Powerboat atau F1H20 yang dihelat di kawasan Danau Toba pada 24-26 Februari.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit, di Medan, Rabu, mengatakan pihaknya akan menurunkan sejumlah petugas kesehatan yang dibantu dari Kemenkes RI dan Dinas Kesehatan Kabupaten Toba.

"Ada 17 titik pos kesehatan kita didirikan di arena F1 Powerboat, untuk melayani masyarakat, pengunjung hingga pebalap F1H2O," ujarnya.

Alwi juga mengatakan pihaknya juga menyiapkan sebanyak 53 unit ambulans serta peralatan medis selama penyelenggaraan kejuaraan dunia balap perahu cepat itu berlangsung.

"Ambulans kita kirim dari berbagai daerah, ada dari Dinkes Sumut, Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Toba dan daerah yang lain," katanya.

Untuk diketahui, pihak panitia penyelenggara F1H2O juga sudah menyiapkan sejumlah helikopter, disiapkan sebagai transportasi untuk mengevakuasi peserta yang membutuhkannya.

Sedangkan, Rumah Sakit Umum Pusat H.Adam Malik ditunjuk Kemenkes RI untuk menjadi rumah sakit rujukan dalam kejuaraan dunia F1 Powerboat.

Baca juga: Kemkominfo siapkan infrastruktur telekomunikasi dukung F1 H20 Toba

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023