Haji tahun 2023 ini masuk musim panas. Oleh karena itu, diharapkan kepada seluruh calon jamaah haji, terkhusus yang lansia untuk menyesuaikan diri dan kemampuan dengan situasi di Tanah Suci, Arab Saudi
Medan (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Dinkes Sumut) mengimbau calon jamaah haji (CJH) lanjut usia (lansia) daerah ini untuk menjaga kebugaran tubuh menjelang keberangkatan haji pada 24 Mei 2023.

"Haji tahun 2023 ini masuk musim panas. Oleh karena itu, diharapkan kepada seluruh calon jamaah haji, terkhusus yang lansia untuk menyesuaikan diri dan kemampuan dengan situasi di Tanah Suci, Arab Saudi," kata Kepala Dinkes Sumut, dr Alwi Mujahit Hasibuan, M.Kes di Medan, Senin.

Pada tanggal 23 Mei 2023, calon jamaah haji asal Sumatera Utara akan memasuki Asrama Haji. Selanjutnya akan bertolak dari Bandara Udara Internasional Kualanamu menuju Arab Saudi pada 24 Mei 2023.

Ia mengatakan CJH harus mengatur pola makan saat menunaikan ibadah haji dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah buahan.

"Diharapkan juga kepada calon jamaah haji untuk tidak kontak langsung dengan panas terik matahari, bisa mengunakan payung, sunblock, dan makan sayur dan buah buahan serta minum minimal 2 liter per hari," katanya.

Selain itu, pihaknya memastikan masyarakat yang akan menunaikan ibadah haji sudah melakukan vaksinasi COVID-19.

"Selain vaksinasi meningitis, calon jamaah haji harus dilengkapi juga dengan vaksinasi COVID- 19," katanya.

Ia juga memastikan sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci, jamaah haji akan dicek kesehatan secara berkala.

"Semua jamaah diperiksa kesehatannya sebelum berangkat," demikian Alwi Mujahit.

Baca juga: Hampir Separuh Calhaj Sumut adalah Lansia

Baca juga: Jamaah lansia ke Mekkah dari uang pensiun guru

Baca juga: Calon ziarah arwah Mandailing Natal ke Tanah Suci

Baca juga: Calon haji lansia dari Sumatera Utara berangkat ke Mekkah

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023