Samarinda (ANTARA) - Sejumlah gubernur  dan wakil gubernur   berdatangan untuk menghadiri Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (Rakernas APPSI) di Kota Beriman Balikpapan, Kalimantan Timur.

Rakernas APPSI digelar pada Kamis 23 Februari 2023 dan dijadwalkan dibuka Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Gubernur Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menjadi gubernur pertama yang datang ke Kaltim melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan .

Ganjar Pranowo telah tiba di Kaltim pada Selasa (21/2/2022) pukul 18.00 Wita dan disambut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Provinsi Kaltim Anwar Sanusi dengan pengalungan sal manik dan pemasangan kopiah Ulap Doyo.

Selanjutnya, gelombang kedatangan para pemimpin daerah tersebut terjadi pada Rabu (22/2) di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan.

Sejak pukul 12.00 Wita, sejumlah kepala daerah yang hadir langsung disambut Kepala DPMPTSP Kaltim, Puguh Harjanto, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Daerah HM Syafranuddin, Kadis DPMPD Anwar Sanusi serta Sekretaris DPRD Kaltim M Ramadhan.

"Selamat datang di Ibu Kota Negara Nusantara," sapa Puguh Harjanto kepada Gubernur Provinsi Bali, sambil mengalungkan shal manik ciri khas Kaltim.

Gubernur lain yang datang, diantaranya Gubernur Provinsi Kaltara, Jawa Timur, Riau, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Kepulauan Riau, Maluku, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan dan Jambi.

Sementara yang lainnya, Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Wagub Jawa Barat, Wagub Sulawesi Tengah, DI Yogyakarta, Wagub Kalimantan Tengah, Lampung. Termasuk Pj Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Aceh dan Papua.

Kedatangan gubernur dan wakil gubernur peserta Rakernas APPSI 2023, di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, secara berangsur mulai pukul 12.00 Wita sampai pukul 20.00 Wita.

Berdasarkan informasi yang diterima dari panitia penyambutan tamu dari Biro Adpimprov Kaltim, ada gubernur baru tiba besok (Kamis) pagi, seperti Gubernur Sumatera Barat beserta istri.


Baca juga: Kalteng mendorong regulasi berpihak ke daerah melalui Rakernas APPSI

Pewarta: Arumanto
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023