The Fed kemungkinan akan bertahan dengan pandangan mayoritas tentang kenaikan 25 basis poin
Singapura (ANTARA) - Dolar berdiri di dekat posisi tertinggi tujuh minggu terhadap euro dan Aussie di awal sesi Asia pada Kamis pagi, karena ekspektasi Federal Reserve akan tetap di jalur kenaikan suku bunga yang agresif, diperkuat oleh risalah dari pertemuan kebijakan terakhirnya.

Hampir semua pembuat kebijakan Fed menyukai penurunan skala dalam laju kenaikan suku bunga pada pertemuan kebijakan terakhir bank sentral AS, risalah dari pertemuan FOMC (Komite Pasar Federal Terbuka) 31 Januari - 1 Februari menunjukkan pada Rabu (22/2/2023).

Namun, mereka juga mengindikasikan membatasi inflasi yang terlalu tinggi akan menjadi "faktor kunci" dalam berapa banyak suku bunga perlu dinaikkan.

Dolar menghentikan kenaikannya pada Kamis setelah naik secara luas didukung rilis risalah pertemuan Fed.

Euro naik sedikit ke 1,0608 dolar pada Kamis pagi, tetapi masih di dekat level terendah tujuh minggu di 1,0598 dolar yang dicapai di sesi sebelumnya.

Baca juga: Dolar dan sterling naik di sesi Asia didukung survei PMI yang optimis

Demikian pula, Aussie naik 0,15 persen menjadi 0,6815 dolar AS, setelah jatuh lebih dari 0,7 persen pada Rabu (22/2/2023), lebih lanjut ditekan oleh melesetnya perkiraan pertumbuhan upah Australia kuartal terakhir.

Perdagangan menipis pada Kamis dengan pasar di Jepang tutup untuk liburan.

"Risalah pertemuan cukup sesuai ekspektasi...pasar sekarang memperkirakan suku bunga yang lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama," kata Tina Teng, analis pasar di CMC Markets.

"Ketahanan (ekonomi AS) mendorong Fed untuk terus menaikkan suku bunga ... mendorong dolar AS."

Di tempat lain, sterling stabil di 1,2046 dolar setelah mencatat penurunan 0,6 persen di sesi sebelumnya, sementara dolar Selandia Baru naik 0,1 persen menjadi 0,6226 dolar AS.

Kiwi terus menarik beberapa dukungan dari kenaikan suku bunga hawkish Bank Sentral Selandia Baru (RBNZ) pada Rabu (22/2/2023), setelah bank sentral mengisyaratkan pengetatan lebih lanjut untuk menjinakkan inflasi yang tinggi.

Baca juga: Dolar menguat di awal sesi Asia didukung oleh survei PMI yang optimis

Terhadap sekeranjang mata uang, indeks dolar AS berdiri di 104,50, dan berusaha untuk menembus puncak lebih dari satu bulan di 104,67 yang dicapai minggu lalu.

"The Fed kemungkinan akan bertahan dengan pandangan mayoritas tentang kenaikan 25 basis poin, tetapi pertanyaannya adalah untuk berapa lama," kata ahli strategi di Macquarie.

"Kami berharap bahwa jawabannya akan tetap jauh lebih bergantung pada data inflasi daripada data tingkat pengangguran, sejauh The Fed selalu dapat merasionalisasi tingkat pengangguran yang rendah sebagai hasil dari efisiensi pencocokan yang lebih besar antara pemberi kerja dan pekerja yang ingin mengisi lowongan pekerjaan."

Di Asia, yen Jepang naik tipis menjadi 134,83 per dolar, dengan perhatian sekarang tertuju pada pidato Gubernur Bank Sentral Jepang (BoJ) Kazuo Ueda yang akan datang.

Ueda akan berbicara di parlemen pada Jumat (24/2/2023) dan Senin (27/2/2023, dan berpotensi menawarkan beberapa petunjuk tentang seberapa cepat BoJ dapat mengakhiri kebijakan pengendalian imbal hasil obligasinya.

Baca juga: Reli dolar kehilangan tenaga di awal sesi Asia, pedagang tunggu data

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023