Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 2.000 paket bantuan berupa bingkisan sembilan bahan pokok (sembako) dari Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono disalurkan kepada masyarakat di 11 pulau permukiman di Kepulauan Seribu.

"Paket sembako itu kami berikan untuk lansia, anak stunting dan warga kurang mampu, sebagai upaya menangani kemiskinan ekstrem. Kami pastikan paket dibagikan merata dan tepat sasaran," kata Bupati Kepulauan Seribu​​​​, 
Junaedi di Jakarta, Kamis.

Untuk tahap pertama, sebanyak 400 paket sembako disalurkan ke Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara pada Rabu (22/2). Bantuan terdiri dari 318 paket untuk lansia, 43 paket untuk warga miskin dan 39 paket untuk anak stunting.

Paket sembako terdiri atas beras, minyak goreng, mi instan, tepung dan gula. Bantuan itu diharapkan dapat meringankan kebutuhan pokok warga sehingga nantinya warga Kepulauan Seribu semakin sehat dan sejahtera.

Baca juga: Bantuan sembako tahap delapan disalurkan di Kepulauan Seribu

Junaedi mengatakan, awalnya Pj Gubernur DKI akan membagikan bingkisan sembako itu secara langsung kepada masyarakat Kepulauan Seribu.

"Hal itu karena kepedulian dan perhatian Pj Gubernur DKI terhadap semua warganya, khususnya di Kabupaten Kepulauan Seribu," kata Junaedi.

Namun, cuaca tidak bersahabat mengurungkan rencana Pj Gubernur DKI untuk membagikan paket-paket bantuan itu secara langsung di Kepulauan Seribu. "Tapi kami tetap semangat untuk memberikan bantuan ini kepada warga," ujar Junaedi

Dihantam ombak
Pada Rabu, sebuah kapal pembawa bantuan pangan bersubsidi ke Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara, KM Bahtera 2 nyaris tenggelam dihantam ombak tinggi dan cuaca buruk di perairan Pulau Pari, Kepulauan Seribu.

Menurut Kepala Satpol PP Kecamatan Kepulauan Seribu Utara Edi Syahrudi dalam keterangannya di Jakarta, KM Bahtera 2 mengalami kebocoran. Ombak tinggi mendorong air laut masuk ke kapal dan menyebabkan kapal menjadi berat.

Kapal beserta sembilan awak dan penumpang di dalamnya berhasil diselamatkan petugas dan nelayan setempat. Namun sebagian pangan yang berada di dalam kapal seperti susu (habis), beras, telur, ayam, daging sapi dan ikan mesti dibuang ke laut untuk mengurangi beban muatan kapal tersebut.

Baca juga: 1.642 paket bansos Pemprov DKI disalurkan di Pulau Panggang

Petugas gabungan dari sejumlah unsur, mulai dari Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Kantor SAR Jakarta, Sudin Kesehatan, Sudin Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dibantu aparatur sipil negara (ASN) Kelurahan Pulau Panggang dan warga sekitar, menyelamatkan kapal beserta kru dan penumpangnya.

Kapal beserta kru dan penumpangnya dibawa ke dermaga Pulau Karya, Kelurahan Pulau Panggang. Kepala Kantor SAR Jakarta Fazzli memerinci jumlah kru lima orang dan empat orang lainnya merupakan penumpang.

Lokasi tenggelamnya KM Bahtera 2 berada di sekitar Pulau Godong Sekati, Kepulauan Seribu, atau di antara Pulau Panggang dan Pulau Pari sekitar pukul 05.30 WIB.
Baca juga: 671 paket bansos Pemprov DKI disalurkan ke Pulau Untung Jawa
 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023