Jakarta (ANTARA) - Aktivis muda Tionghoa Ardy Susanto menyatakan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merupakan partai inklusif, yang terbuka untuk semua etnis dan agama.

"Yang penting bahwa PKB sejak awal dibentuk, sangat terbuka dengan semua elemen anak bangsa, yang mau bekerja dan berkarya mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh bangsa Indonesia," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Ardy mengaku bangga menjadi bagian dari keluarga besar PKB dan telah diperkenalkan langsung oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di sela-sela acara Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) bakal calon legislatif (bacaleg) DPR RI dari PKB di Kantor DPP PKB, Jakarta, Selasa (21/2).

Selama ini, Ardy sudah menjadi kader PKB. Bahkan, pada pemilihan legislatif 2019 lalu, Ardy sempat maju caleg DPR dari PKB di Dapil Banten III.

Selain sebagai aktivis, Ardy juga seorang advokat. Sejak mahasiswa, Ardy sudah sering terlibat dalam organisasi kampus dan kemahasiswaan hingga akhirnya terlibat di organisasi kepemudaan seperti Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia (IPTI) dan Pemuda Katolik.

Sebelumnya, Cak Imin sempat memperkenalkan Ardy Susanto kepada publik sebagai Bacaleg DPR PKB.

"Saya juga memperkenalkan salah satu caleg prioritas kita yaitu Mas Ardy seorang anak muda aktivis Tionghoa," kata Cak Imin.

Ardy di Pemilu Serentak 2024, akan bertarung di Dapil Jakarta II yang meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Luar Negeri. Cak Imin berharap Ardy dan Bacaleg DPR dari PKB di Dapil Jakarta II bisa mendapatkan kursi yang banyak.

"Caleg PKB dari aktivis Tionghoa yang harus menang di Jakarta," imbuh Cak Imin.

Cak Imin juga mengatakan PKB akan memberikan ruang yang besar kepada semua anak muda dari berbagai latar belakang untuk maju caleg dari PKB. Dia yakin anak-anak muda potensial bisa membuat perpolitikan nasional lebih baik.

Cak Imin menegaskan bahwa PKB terbuka dengan semua kalangan termasuk kaum muda. Apalagi, PKB yang lahir dari rahim Nahdlatul Ulama, sejak awal konsisten memperjuangkan perbaikan nasib bangsa.

Baca juga: Ketua DPP PKB: Litbang Kompas tunjukkan pemerintah bisa atasi masalah

Baca juga: Muhaimin sebut PKB siap rayu parpol lain gabung koalisi KIR

Pewarta: Fauzi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023