semangat dasar BERANI adalah merawat kemajemukan
Jakarta (ANTARA) - Badan Persaudaraan Antar Iman (BERAN) sebagai Badan Otonom (Banom) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), menegaskan komitmen untuk merawat kemajemukan dan toleransi di Indonesia.

"Sesuai semangat dasar BERANI adalah merawat kemajemukan, toleransi, dan nilai-nilai Pancasila," kata Sekretaris Jenderal DPP BERANI Ardy Susanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Komitmen itu kata dia, termasuk mengambil bagian dalam upaya merawat kemajemukan dan toleransi pada Pemilu serentak 2024. Sehingga, diperlukan kolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat, khusus para tokoh lintas agama, agar pemilu tetap menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan, toleransi dan gotong royong.

Menurut Ardy pemilu tidak boleh dijadikan ajang untuk menjelekkan atau mencaci maki sesama anak bangsa, hanya karena perbedaan politik.

Dia menilai perbedaan politik merupakan hal yang wajar dalam demokrasi, sehingga perlu disikapi secara bijak dan tidak perlu dijadikan dasar untuk memutuskan tali persaudaraan dan silaturahmi.

Penegasan itu disampaikan Ardy usai pelantikan pengurus DPC BERANI Kota Tangerang, Banten. Dia juga meminta agar para pengurus BERANI harus dapat memastikan pemilu berjalan damai dan gembira.

"Hal ini bisa dilakukan dengan semangat kerja sama dengan berbagai pihak, mulai dari penyelenggara pemilu, peserta pemilu termasuk partai politik dan organisasi masyarakat lain untuk menyukseskan pemilu 2024," katanya menegaskan.

Sebagai Banom PKB kata Ardy, harus terlibat aktif untuk memenangkan PKB, baik di pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden. Selain itu, Instruksi Ketua Umum PKB agar para kader PKB dan termasuk organisasi di bawah PKB untuk menjaga toleransi dan melindungi kaum minoritas.

"Pengurus BERANI harus menjadi garda terdepan menjaga toleransi di mana pun berada dan kita yakin PKB merupakan partai yang selama ini konsisten menjaga toleransi di negara ini," katanya menegaskan.
Baca juga: Prabowo ungkap kenyamanan dengan PBB dan PKB
Baca juga: Gus Imin ajak 1.000 anak yatim wisata ke Ancol
Baca juga: Pengamat: Puan berupaya menarik Golkar dan PKB masuk gerbong PDIP

Pewarta: Fauzi
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023