Beijing (ANTARA) - Enam situs bersejarah yang berasal dari periode Paleolitikum paling awal terdaftar sebagai penemuan arkeologi baru China pada 2022 di sebuah forum yang digelar pada Rabu (22/2).

Dari situs-situs yang ditemukan di enam daerah setingkat provinsi, dua situs di antaranya diyakini berasal dari periode Neolitikum dan satu situs dari Zaman Perunggu.

Dua penemuan lainnya adalah area makam kerajaan dan berbagai peninggalan di sekitarnya di Reruntuhan Yin yang berasal dari Dinasti Shang (1600-1046 SM), serta situs tempat pembakaran porselen dari Dinasti Xia Barat (1038-1227), menurut Akademi Ilmu Sosial China (Chinese Academy of Social Sciences/CASS), penyelenggara forum tersebut.

Situs periode Paleolitikum yang peninggalannya meliputi sisa-sisa manusia purba, hewan, dan perkakas batu yang ditemukan dalam ekskavasi di Provinsi Hubei, China tengah, menempati urutan teratas. Di situs ini, fosil tengkorak yang dianggap sebagai spesimen Homo erectus paling utuh pada zamannya yang ditemukan di pedalaman Eurasia ditemukan pada Desember 2022, demikian Xinhua pada Kamis.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023