kita akan mencoba melihat secara clear soal tata kelola Blanko ini, soal pemanfaatannya, soal aplikasinya, supaya kita bisa melaksanakannya dengan sebaik-baiknya
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) berkomitmen untuk terus memperbaiki sistem tata kelola aplikasi Blanko guna mewujudkan layanan yang maju dan modern.

Kepala Biro (Karo) Umum dan Layanan Pengadaan Kementerian ATR/BPN Agustin I. Samosir mengatakan salah satu indikator dari implementasi transformasi digital Kementerian ATR/BPN adalah aplikasi Blanko. Dia menyebut, para insan ATR/BPN yang mengelola aplikasi tersebut merupakan garda terdepan dari proses digitalisasi.

"Jadi Bapak/Ibu adalah pahlawan-pahlawan yang terdepan untuk pengelolaan implementasi transformasi digital di Kementerian ATR/BPN," ujar Agustin melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis, saat sosialisasi Aplikasi Pengelolaan Blanko Sertipikat Tahun Anggaran 2023.

Aplikasi Blanko adalah aplikasi yang ditujukan untuk membantu pegawai di lingkungan Kementerian ATR/BPN dalam sistem kelola tata usaha dan pengadministrasian. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa lebih mudah mengawasi dan mencari posisi blanko sehingga semakin terstruktur dan rapih.

Kegiatan sosialisasi di Jakarta pada 22-24 Februari 2023 ini bertujuan untuk membina para pengelola hingga aplikasi dapat digunakan secara efisien dan efektif. Sosialisasi tersebut sekaligus mengevaluasi terkait aplikasi, tata kelola, serta pemanfaatan aplikasi Blanko.

"Dalam 2-3 hari ini, kita akan mencoba melihat secara clear soal tata kelola Blanko ini, soal pemanfaatannya, soal aplikasinya, supaya kita bisa melaksanakannya dengan sebaik-baiknya. Harapannya, Bapak/Ibu menjadi agen yang bisa konsisten dengan data yang ada, karena Bapak/Ibu adalah agen transformasi digital di kementerian kita," kata Agustin.

Agustin berharap, sosialisasi dan evaluasi ini bisa menganalisa efisiensi dan efektivitas dari aplikasi Blanko.

Baca juga: Menteri ATR/BPN resmikan Kantor Pertanahan di Kutai Kartanegara
Baca juga: Ombudsman beri zona hijau untuk sembilan Kantor BPN di Kalsel

Baca juga: Menteri ATR/BPN berkomitmen tingkatkan layanan pertanahan elektronik

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023