Jakarta (ANTARA) - Turnamen tenis Pigeon Teens West Tennis Academy (WTA) Series 2023 diharapkan memunculkan bibit-bibit petenis baru di Tanah Air untuk bisa bersaing di level nasional dan internasional.

"Lewat turnamen Pigeon Teens WTA Series ini, kami membantu mencari bibit-bibit baru, membuat legenda tenis Indonesia yang baru," kata Head of West Tennis Academy (WTA) Wynne Prakusya di Jakarta, Kamis.

Wynne yang pernah meraih peringkat 74 dalam Women Tennis Association (WTA) menekankan pentingnya kompetisi bagi petenis-petenis junior untuk mengasah kemampuan dan mental.

Menurutnya, para petenis muda harus dibiasakan berkompetisi sejak kecil agar terbiasa ketika berada di turnamen yang lebih besar.

"Ini harus ada wadah untuk anak-anak, ada turnamen setiap bulannya dan mengasah mental mereka supaya kedepannya itu mereka terbiasa dengan turnamen. Kalau tanpa turnamen seperti ini, kalau langsung main turnamen yang besar itu mereka kaget biasanya," katanya.

Wanita yang dijuluki Ratu Tenis Indonesia itu mengatakan kompetisi Pigeon Teens WTA Series 2023 yang dibagi menjadi delapan seri akan benar-benar membentuk mental para petenis junior agar tidak mudah menyerah.

"Mental yang ingin dibentuk adalah anak-anak ini tidak gampang putus asa. Kalau series satu kalah, ayo coba lagi, next turnamen akan lebih bagus, next turnamen akan lebih bagus, dan itu mental yang ingin kita bangun," kata Wynne.

Turnamen Pigeon Teens West Tennis Academy Series 2023 memberikan kesempatan bagi petenis usia 10 hingga 18 tahun untuk berkompetisi pada ajang turnamen tenis nasional.

Dalam turnamen tersebut seluruh peserta harus mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya agar bisa berkompetisi di putaran final yakni Master Pigeon WTA Series 2023.

Enam pemain terbaik dari masing-masing kategori akan bertanding di Master Pigeon WTA Series 2023. Selain mendapatkan hadiah, para pemenang di Master Pigeon WTA Series 2023 juga akan dibantu oleh West Management mencari sponsor guna melanjutkan pengembangan bakat menjadi atlet profesional.

"Harapan saya ke depan anak-anak yang bisa menjadi juara di Master WTA Series ini akan kami bantu mereka untuk mencarikan sponsor supaya mereka lebih bisa berprestasi," kata Wynne yang merupakan peraih medali emas Asian Games 2022.

Baca juga: PP Pelti agendakan gelar 18 turnamen pada 2023
Baca juga: Pelti agendakan turnamen internasional di berbagai kota di Indonesia

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023