Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengingatkan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan terkait agar lebih meningkatkan kesigapan dalam mencegah penularan penyakit.

"Kewaspadaan dan kesigapan pemerintah daerah sangat diperlukan dalam mengantisipasi potensi penularan penyakit yang menyebabkan kematian," kata Lestari Moerdijat melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Lestari mengatakan kewaspadaan terhadap potensi penularan sejumlah penyakit harus ditingkatkan lewat deteksi dini, akselerasi cakupan vaksinasi dasar terhadap anak, balita, dan pola hidup sehat.

Pada Selasa (21/2) sebanyak tujuh orang warga Desa Sukahurip, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, meninggal dunia diduga terpapar virus difteri dalam rentang 6-19 Februari 2023.

Baca juga: Menkes sebut KLB difteri Garut imbas keterlambatan imunisasi
Baca juga: Dinkes Garut periksa 72 orang untuk deteksi wabah difteri


Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membenarkan bahwa Kabupaten Garut menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) difteri. Status KLB itu ditetapkan setelah adanya kematian warga yang diduga akibat terpapar difteri.

Menteri Kesehatan mengungkapkan kasus difteri di Garut disebabkan cakupan vaksinasi difteri yang tidak maksimal akibat pandemi COVID-19 selama tiga tahun terakhir.

Menurut Lestari, kasus kematian warga Garut yang diduga terpapar virus difteri harus diikuti dengan upaya deteksi dini di sejumlah daerah yang pemberian vaksinasi dasarnya sempat terkendala akibat pandemi COVID-19.

Rerie, sapaan akrab Lestari, berharap segera dibangun kolaborasi yang kuat antarpemangku kepentingan di pusat dan daerah agar mampu menekan jumlah korban penularan sejumlah penyakit.

Selain itu, katanya, keterlibatan lapisan masyarakat dalam pencegahan penularan penyakit sangat penting lewat sosialisasi masif terkait indikasi atau gejala orang yang terjangkit penyakit menular dan langkah pencegahan.

Ia berpendapat perhatian terhadap peningkatan kemampuan fasilitas-fasilitas kesehatan di daerah dibutuhkan untuk memastikan sejumlah langkah pencegahan penularan penyakit dapat direalisasikan sesuai rencana.

Rerie mendorong agar kementerian dan lembaga di tingkat pusat dan daerah bersama-sama mewujudkan langkah-langkah pencegahan terpadu yang bertujuan untuk menekan potensi penularan sejumlah penyakit di Tanah Air.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023