Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga akan memimpin delegasi Indonesia dalam Sidang Tahunan Komisi Status Perempuan atau Commission on the Status of Women (CSW) ke-67 yang akan digelar di Markas PBB, New York, AS pada 6-17 Maret 2023.

"Saya akan memimpin delegasi Indonesia pada pekan pertama tanggal 6 sampai 10 Maret 2023 bersama anggota delegasi RI lainnya yang terdiri dari pejabat internal KemenPPPA, kementerian/lembaga, perwakilan institusi HAM nasional, serta perwakilan BUMN," kata Bintang Puspayoga di acara Media Talk, di Jakarta, Kamis.

Bintang Puspayoga mengatakan Indonesia akan mengangkat tema prioritas yakni "Inovasi dan Perubahan Teknologi, serta Pendidikan di Era Digital untuk Mencapai Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Semua Perempuan dan Anak Perempuan" dalam sidang tersebut.

Selain itu, pihaknya juga akan berpartisipasi pada sesi ministerial roundtable yang bertema  "Praktik Baik dalam Mengatasi Halangan pada Pembagian Gender dalam Dunia Digital dan Mempromosikan Pendidikan di Era Digital untuk Mencapai Kesetaraan Gender".

Baca juga: Menteri Bintang resmikan Rumah Sahabat Perempuan dan Anak

Baca juga: KemenPPPA luncurkan buku "Saat Noni Datang" edukasi anak kenali emosi


Kemudian pada sesi dialog interaktif yang bertemakan "Tantangan dan Kesempatan Dalam Meraih Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak Perempuan di Daerah Pedesaan".

CSW adalah sidang PBB yang merupakan mekanisme tahunan antarnegara untuk melihat perkembangan pemajuan hak perempuan dari berbagai negara, menentukan tema prioritas dan kesepakatan bersama untuk dijadikan acuan, serta agenda global bagi pemajuan hak dasar perempuan.

CSW ke-67 tahun 2023 akan diikuti oleh 193 negara anggota PBB, dihadiri menteri atau pejabat setingkat menteri yang menangani isu gender dan isu perempuan di seluruh dunia.*

Baca juga: Menteri PPPA apresiasi kegigihan perempuan penyintas untuk berdaya

Baca juga: Forum Anak: Masalah perkawinan anak jadi isu paling dominan

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023