Jakarta (ANTARA) - Sporting Lisbon menghancurkan tuan rumah Midtjylland dengan kemenangan besar 4-0 pada pertandingan leg kedua playoff Liga Europa yang dimainkan di MCH Arena, Herning, Jumat dini hari WIB.

Dengan kemenangan tersebut, Sporting mengamankan kemenangan agregat 5-1 untuk mengamankan jalan ke babak 16 besar Liga Europa, demikian catatan laman resmi UEFA.

Tampil di kandang sendiri membuat Midtjylland mencoba bermain lebih menyerang pada awal laga, meski upaya mereka belum mendatangkan hasil. Setelah itu perlahan-lahan Sporting mengambil kendali permainan dan sempat mendominasi 64 persen penguasaan bola.

Midtjylland kemudian memiliki beberapa peluang bagus. Valdemar Andreasen melepaskan tembakan yang masih dapat diblok kiper Antonio Adan.

Selanjutnya giliran Sporting yang coba mengancam melalui sepakan mendatar Ricardo Esgaio yang dapat ditahan kiper Jonas Lossl.

Sporting akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-21. Dari situasi kemelut di mulut gawang Midtjylland, kapten Sporting Sebastian Coates mampu menanduk bola untuk membobol gawang tuan rumah. Wasit sempat melakukan tinjauan VAR untuk melihat ulang prosesnya, sebelum kemudian mengesahkan gol tersebut.

Baca juga: Tiga gol Angel di Maria bawa Juventus lolos ke babak 16 besar

Setelah kemasukan satu gol, permainan Midtjylland semakin agresif. Sayangnya mereka kemudian harus kehilangan Paulinho yang mendapatkan dua kartu kuning dalam rentang waktu dua menit, untuk membuat tuan rumah harus bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke-38.

Pada awal babak kedua, Midtjylland kembali mengancam gawang tamunya melalui tembakan mendatar Isaksen yang masih dapat ditahan kiper Adan. Tetapi pada menit ke-50 justru gawang Midtjylland yang kembali kemasukan untuk kedua kalinya.

Dari situasi tendangan sudut, bola dapat ditembakkan Pedro Goncalves yang diblok kubu tuan rumah, bola pantul lantas disambar kembali olehnya untuk melesak ke sudut bawah gawang tuan rumah.

Keunggulan dua gol dan jumlah pemain membuat tim Portugal Sporting semakin percaya diri. Pada menit ke-77 mereka pun memperbesar keunggulan menjadi 3-0 melalui tembakan Goncalves yang sempat terdefleksi sebelum masuk ke gawang Midtjylland.

Gol bunuh diri Stefan Gartenmann pada menit ke-85 semakin menambah penderitaan Midtjylland. Gartemann yang mengirim operan ke belakang kepada kiper Lossl tidak menyadari sang kiper tidak berada dalam posisi ideal, dan membuat bola justru meluncur masuk ke gawangnya sendiri.

Daftar susunan pemain:

Mydtjylland: Jonas Lossl, Joel Andersson (Mads Dohr Thychosen 72'), Henrik Dalsgaard, Sytefan Gartenmann, Paulinho, Oliver Sorensen (Victor Bak Jensen 46'), Armin Gigovic, Kristoffer Olsson, Gustav Isaksen (Frederik Heiselberg 79'), Astrit Selmani (Edward Chilufya 46'), Valdemar Byskov Andreasen (Emam Ashour 46')

Sporting: Antonio Adan, Jeremiah St. Juste, Sebastian Coates, Goncalo Inacio, Ricardo Esgaio (Hector Bellerin 46'), Manuel Ugarte (Mateo Tanlongo 78'), Hidemasa Morita (Mateus Fernandes 53'), Arthur Gomes (Nuno Santos 65'), Marcus Edwards (Francisco Trincao 65'), Pedro Goncalves, Paulinho

Baca juga: PSV menang 2-0 atas Sevilla namun gagal ke putaran selanjutnya

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023