Ada harapan besar bahwa Ueda akan membawa putaran hawkish ke BoJ, tetapi pernyataan awal dalam pidato konfirmasinya tidak mengatakan apa-apa
Sydney (ANTARA) - Pasar Asia menghela napas lega pada Jumat, karena ketua bank sentral Jepang yang akan datang meredakan kekhawatiran akan berakhirnya kebijakan moneter super-longgar lebih awal, mendorong imbal hasil obligasi lebih rendah secara global.

Kazuo Ueda, yang akan menjabat sebagai Gubernur Bank sentral Jepang (BoJ) pada April, mulai berbicara selama tiga jam di depan parlemen pada pukul 09.30 pagi (00.30 GMT), menawarkan kepada pasar sekilas tentang bagaimana bank sentral berpenampilan baru bisa mengarahkan jalan keluar dari suku bunga sangat rendah.

Sejauh ini, Ueda telah berjanji untuk mempertahankan kebijakan moneter yang sangat longgar karena inflasi belum memenuhi target 2,0 persen bank sentral secara berkelanjutan dan stabil, dan ada sedikit indikasi bahwa ia akan segera melepaskan kebijakan BoJ yang disebut kontrol kurva imbal hasil (YCC).

"Ada harapan besar bahwa Ueda akan membawa putaran hawkish ke BoJ, tetapi pernyataan awal dalam pidato konfirmasinya tidak mengatakan apa-apa," kata Matt Simpson, analis pasar senior di City Index, dikutip dari Reuters.

Sidang konfirmasi Ueda di majelis rendah datang saat pasar memperbarui serangan mereka terhadap YCC, bertaruh pada kenaikan suku bunga jangka pendek.

Imbal hasil obligasi pemerintah Jepang lima tahun turun sedikit menjadi 0,235 persen, dari penutupan sebelumnya 0,240 persen. Obligasi 10-tahun tidak diperdagangkan lebih awal pada Jumat, karena likuiditas tipis, tetapi obligasi berjangka memperpanjang kenaikan.

Indeks saham Nikkei terangkat 1,0 persen. Yen tetap berombak. Yen membalikkan kenaikan awal menjadi sebagian besar datar di 134,71 per dolar.

"Secara keseluruhan Ueda bekerja keras untuk menghadirkan dirinya sebagai memberikan kontinuitas - setidaknya untuk memulai," kata Sean Callow, ahli strategi mata uang senior di Westpac. "Sekarang bukan waktunya untuk memberi stempel sendiri pada kebijakan; itu bukan alasan pemerintah memilihnya."

Data pada Jumat menunjukkan inflasi konsumen inti tahunan Jepang telah mencapai tertinggi baru 41 tahun sebesar 4,2 persen pada Januari, membuat bank sentral berada di bawah tekanan untuk menghentikan program stimulus besar-besaran.

Di tempat lain, saham beragam. Indeks MSCI dari saham Asia-Pasifik di luar Jepang tergelincir 0,2 persen, menuju penurunan mingguan sebesar 1,5 persen.

Indeks saham-saham unggulan China CSI 300 turun 0,4 persen dan Indeks Hang Seng Hong Kong turun 0,9 persen sementara indeks acuan S&P/ASX 200 Australia naik tipis 0,2 persen.

Di Wall Street, saham mengakhiri Kamis (23/2/2023) yang kacau balau di wilayah positif, dengan Dow Jones Industrial Average naik 0,33 persen, S&P 500 naik 0,53 persen dan Komposit Nasdaq naik 0,72 persen.

Investor bersiap untuk rilis indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) AS untuk Januari pada Jumat, ukuran inflasi pilihan Federal Reserve. Indeks diperkirakan naik 4,3 persen dibandingkan dengan 4,4 persen bulan sebelumnya.

Semalam, data yang kuat, termasuk penurunan tak terduga dalam klaim baru untuk pengangguran dan kenaikan yang direvisi dalam indeks harga PCE kuartal keempat, menunjukkan beberapa kekuatan dalam perekonomian.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, melayang di 104,63, tidak terlalu jauh dari tertinggi tujuh minggu di 104,78.

Imbal hasil obligasi pemerintah AS turun sedikit pada Jumat. Imbal hasil obligasi pemerintah bertenor 10 tahun turun menjadi 3,8590 persen dibandingkan penutupan sebelumnya 3,8810 persen. Imbal hasil obligasi dua tahun melayang di 4,6810 persen, dibandingkan dengan penutupan sebelumnya di 4,6930 persen.

Di pasar minyak, minyak mentah berjangka Brent naik 0,6 persen menjadi diperdagangkan di 82,71 dolar AS per barel, sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS naik 0,7 persen menjadi diperdagangkan di 75,90 dolar AS per barel.

Emas sedikit lebih tinggi. Emas spot diperdagangkan pada 1.825,13 dolar AS per ounce.

Baca juga: IHSG berpeluang menguat seiring pasar fokus sentimen positif domestik
Baca juga: Saham Eropa dibuka menguat terangkat ekuitas pembuat cip
Baca juga: Ekuitas Asia jatuh tertekan kekhawatiran prospek kenaikan suku bunga

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023