Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa dibuka lebih tinggi pada perdagangan Kamis, karena ekuitas cip meningkat menyusul perkiraan penjualan positif dari desainer semikonduktor AS Nvidia.

Indeks STOXX 600 Eropa yang lebih luas terkerek 0,1 persen pada pukul 08.06 GMT, setelah dua sesi berturut-turut mengalami penurunan di tengah kekhawatiran bank sentral menaikkan suku bunga lebih lama.

Perusahaan pembuat cip ASM International, BE Semiconductor dan Aixtron menguat antara 1,6 persen dan 3,2 persen, mendorong sektor teknologi Eropa sebesar 0,9 persen.

Nvidia Corp memperkirakan pendapatan kuartal pertama di atas perkiraan Wall Street pada Rabu (22/2) mencatat dorongan kuat yang terlihat dari penggunaan cipnya dalam layanan kecerdasan buatan (AI) seperti chatbots (program buatan berbasis kecerdasan buatan).

Risalah dari pertemuan kebijakan terakhir Federal Reserve AS yang dirilis pada Rabu (22/2) menunjukkan hampir semua pembuat kebijakan mendukung keputusan untuk lebih memperlambat laju kenaikan suku bunga, mencatat inflasi akan menentukan berapa banyak suku bunga diperlukan untuk naik lebih lanjut.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023