B (ANTARA) - Saham-saham Eropa melanjutkan reli pada awal perdagangan Jumat, berada di jalur untuk mengakhiri minggu ini dengan lebih tinggi, menyusul lonjakan tajam di sesi sebelumnya setelah Bank Sentral Eropa (ECB) memberi isyarat untuk mengakhiri siklus kenaikan suku bunganya.

Indeks STOXX 600 menguat 0,9 persen, didukung oleh kenaikan saham-saham produsen barang-barang fesyen mewah yang memiliki eksposur ke China setelah data ekonomi yang lebih baik dari perkiraan di negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Saham produsen barang-barang mewah Kering dan LVMH Prancis masing-masing terangkat 2,7 persen.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa mencatat persentase kenaikan terbesar dalam enam bulan pada Kamis (14/9/2023) setelah kenaikan suku bunga ECB sebesar 25 basis poin, yang merupakan kenaikan ke-10 dan kemungkinan merupakan kenaikan terakhir dalam upaya 14 bulan melawan inflasi.

Saham-saham unggulan London FTSE 100 memimpin kenaikan mingguan di wilayah tersebut, meningkat 0,8 persen pada Jumat.

H&M Swedia anjlok 4,6 persen karena melaporkan penjualan yang datar pada kuartal terakhir, tertinggal dari ekspektasi karena kelompok fesyen tersebut berjuang untuk menarik pelanggan sementara krisis biaya hidup terus berlanjut.

Baca juga: Saham Inggris dibuka menguat, data China angkat kinerja penambang
Baca juga: Wall St ditutup naik didukung data ekonomi lebih baik dari perkiraan
Baca juga: Minyak bersiap naik minggu ketiga karena data ekonomi China yang kuat

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023