Saham-saham Eropa dibuka tergelincir pada Jumat....
Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa dibuka tergelincir pada Jumat, dan berada di jalur untuk menutup minggu yang penuh keputusan bank-bank sentral dengan melemah tajam karena investor menilai prospek bahwa biaya pinjaman akan tetap tinggi untuk beberapa waktu.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa menyusut 0,6 persen pada pukul 07.09 GMT, setelah mengakhiri sesi sebelumnya 1,0 persen lebih rendah ketika Bank Sentral Inggris mengikuti Federal Reserve AS mempertahankan suku bunganya tetap stabil, namun mengindikasikan bahwa bank sentral merasa tugasnya belum selesai.

Saham teknologi dan real estat yang sensitif terhadap suku bunga masing-masing turun 0,3 persen dan 1,1 persen, sementara saham perbankan melemah 0,4 persen.

Saham induk Chrysler, Stellantis, merosot hampir 1,0 persen karena produsen mobil Detroit Three dan serikat pekerja yang mewakili pekerja per jam di perusahaan tersebut memasuki jam-jam terakhir untuk mencapai kesepakatan perburuhan baru, sebelum pemogokan terkoordinasi saat ini meluas hingga mencakup lebih banyak pabrik.

Produk domestik bruto Spanyol tumbuh 0,5 persen pada kuartal kedua, Institut Statistik Nasional mengatakan, ketika mereka merevisi estimasi pertumbuhan Julinya naik dari pertumbuhan 0,4 persen.
Baca juga: Saham Eropa dibuka sedikit menguat dengan fokus pada keputusan Fed
Baca juga: Saham Eropa dibuka lebih rendah tertekan sikap Fed yang "hawkish"

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023